MAFHUM AL SHAWQ FI AL SHI'R "USFURAH" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE)

Nikma Nurhaliza, NIM.: 18101010045 (2023) MAFHUM AL SHAWQ FI AL SHI'R "USFURAH" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAFHUM AL SHAWQ FI AL SHI'R "USFURAH" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE))
18101010045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MAFHUM AL SHAWQ FI AL SHI'R "USFURAH" LI FARUQ JUWAIDAH (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYAIYYAH LI MICHAEL RIFFATERRE))
18101010045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi berjudul “Pemahaman Rindu Dalam Puisi Ushfuroh Karya Faruq Juwaidah (Analisis Semiotik Michael Riffaterre)” ini bertujuan untuk mengkaji konsep kerinduan yang terkandung dalam puisi “Ushfuroh” pada antologi puisi Lau Annanā Lam Naftariq karya Faruq Juwaidah. Puisi ini secara umum menggambarkan keadaan para wanita muslim Bosnia saat terjadi perang antara Bosnia dan Serbia. Penelitian ini menggunakan teori semiotik Michael Riffaterre yang mempunyai pandangan bahwa puisi memiliki ketidaklangsungan makna. Pada penelitian ini peneliti akan membaca, memahami dan menjelaskan setiap kata dalam puisi dengan melalui beberapa tahapan. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep rindu yang terdapat pada puisi “Ushfūroh” karya Faruq Juwaidah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan yang tergolong dalam penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah setiap kata dari puisi “Ushfuuroh” karya Faruq Juwaidah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik catat dan membaca berulang-ulang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman rindu puisi “Ushfūroh” adalah rindunya para wanita muslim Bosnia kepada kedamaian, rasa aman dan tentram yang hilang akibat terjadinya perang antara Bosnia dan Serbia. Perang terjadi karena pihak Serbia melakukan pembersihan etnis muslim Bosnia tujuannya untuk menciptakan sebuah bangsa yang diinginkan dengan begitu keinginan ini dapat tercapai. Namun dibalik semua itu, para wanita muslim Bosnia tetap memperjuangkan hidupnya sampai titik darah penghabisan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ridwan, S.Ag. M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Rindu, Puisi “Ushfuroh”, Semiotik Michael Riffaterre.
Subjects: Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:11
Last Modified: 19 Apr 2024 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum