PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2022

Catur Aji Laksono, NIM.: 18104090083 (2024) PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2022)
18104090083_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI (TI) GUNA MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI SEKSI PENDIDIKAN DINIYAH DAN PONDOK PESANTREN KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANTUL TAHUN 2022)
18104090083_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat tidak menghambat tingginya persentase pembuatan kertas dalam satu tahun yang bisa mengakibatkan kerusakan hutan sekitas 4,1 juta hektar. Fakta ini yang melatar belakangi peneliti tertarik terhadap bagaimana pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi informasi (TI) guna meningkatkan kualitas pelayanan pada seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan pengelolaan arsip dinamis berbasis teknologi informasi beserta faktok kendala dan pendukung di Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabasahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dinamis di seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2022 sudah memanfaatkan Teknologi Informasi (TI). Adapun tahapan yang digunakan terdiri dari 3 (tiga) yaitu 1) tahap penciptaan dan penerimaan arsip. 2) penegendalian dan pengurusan arsip. 3) referensi arsip. Tiga tahapan tersebut didukung dengan penggunaan perngkat keras dan lunak. Pemanfaatan teknologi informasi dalam arsip dinamis ini membuat kualityas pelayanan semakin membaik baik itu dari segi efesiensi waktu, tenaga dan pelayanan yang bisa dilakukan dimana saja. Namun dalam kegiatan pengelolaan arsip dinamis elektronik terdapat faktor penghambat dan faktor pendukung. Adapun faktor pendukung berupa sarana dan pra sarana juga kesadaran pegawai yang tinggi, adapun faktor penghambat berupa server aplikasi yang terkadang sedang maintenance juga pemadaman listrik yang mengakibatkan terputusnya jaringan internet. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan terobosan baru dan dapat dijadikan pedoman lebih lanjut dalam kegiatan manajemen arsip dinamis elektronik yang baik dalam meningkatkan layanan administrasi di sebuah lembaga pemerintah maupun swasta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Heru Sulistya, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Pengelolaan Arsip Dinamis, Teknologi Informasi
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:35
Last Modified: 19 Apr 2024 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64852

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum