PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAKOSUS UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII

Primasari Zahrah Hafizhotu Zulfa, NIM.: 18106000042 (2024) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAKOSUS UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAKOSUS UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII)
18106000042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PAKOSUS UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS KELAS VIII)
18106000042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat peraga “PAKOSUS” untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Kriteria alat peraga ini meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model pengembangan ADDIE, meliputi Analysis (analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs N 4 Indramayu. Instrumen yang digunakan meliputi lembar kevalidan, lembar kepraktisan guru dan angket respon siswa, serta lembar keefektifan berupa soal post-test. Hasil penelitian telah memenuhi kriteria ketercapaian yang meliputi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kevalidan berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media yang menunjukkan bahwa alat peraga ini diperoleh rata-rata total dari ahli materi 3,46 atau 86,71% dan ahli media 3,44 atau 86,11%, kedua rata-rata total tersebut menyatakan bahwa alat peraga yang dikembangkan dalam kriteria sangat valid. Kepraktisan berdasarkan hasil uji kepraktisan terhadap alat peraga yang diperoleh dari guru diperoleh rata-rata total 3,85 atau 96,42% dinyatakan bahwa alat peraga yang dikembangkan sangat praktis, dan rata-rata dari siswa 32,21 atau 80,53% dinyatakan bahwa alat peraga termasuk dalam kategori positif atau praktis dan mudah dalam pemakaiannya. Keefektifan berdasarkan hasil post-test, alat peraga dikatakan efektif karena berhasil memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi koordinat kartesius yaitu 78,78% dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai ketuntasan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Jadi, pengembangan alat peraga PAKOSUS untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada materi koordinat kartesius kelas VIII.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Burhanuddin Latif, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Alat Peraga, Pemahaman Konsep, Koordinat Kartesius
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 19 Apr 2024 09:39
Last Modified: 19 Apr 2024 09:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64853

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum