TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI STUDI KASUS DI KELOMPOK B RA NURUL ILMI PATALAN

Shelvia Galuh Sukma Ika, NIM.: 19104030022 (2024) TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI STUDI KASUS DI KELOMPOK B RA NURUL ILMI PATALAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI STUDI KASUS DI KELOMPOK B RA NURUL ILMI PATALAN)
19104030022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TEMBANG DOLANAN DALAM PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI STUDI KASUS DI KELOMPOK B RA NURUL ILMI PATALAN)
19104030022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tembang dolanan merupakan salah satu metode pembelajaran yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam upaya mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan dengan melestarikan budaya tradisional. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui lagu apa saja yang digunakan dalam pembelajaran anak usia dini di kelompok B RA Nurul Ilmi Patalan, (2) Mengetahui bagaimana penerapan lagu dolanan anak dalam pembelajaran di kelompok B RA Nurul Ilmi Patalan, (3) Mengetahui apa saja dampak penerapan lagu dolanan anak dalam pembelajaran terhadap perkembangan anak di kelompok B RA Nurul Ilmi Patalan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 15 Peserta didik kelompok B, Kepala sekolah, dan Guru Kelompok B. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan ialah menggunakan model analisis data Miles dan Huberman yang mengemukakan “bahwa aktivitas dalam analisis data penelitian kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat beberapa lagu dolanan yang dipilih oleh guru untuk pembelajaran. Pemilihan lagu dilakukan dengan penyesuaian dengan tema pembelajaran dan minat anak di RA Nurul Ilmi Patalan. (2) Terdapat berbagai macam cara penerapan tembang dolanan dalam pembelajaran di RA Nurul Ilmi Patalan. Cara penerapan terbagi menjadi dua yaitu dari segi waktu penerapannya dan dari segi cara penerapannya. (3) Terdapat dampak dari penerapan tembang dolanan dalam pembelajaran di RA Nurul Ilmi Patalan. Dampak tersebut terbagi menjadi dua yaitu dampak langsung dan dampak tak langsung. Dampak langsung antara lain anak semangat dalam belajar dan terciptanya pembelajaran yang menyenangkan, sedangkan dampak tak langsung antara lain pengembangan dari berbagai aspek seperti bahasa, moral, dan fisik motorik anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sigit Purnama S.Pd.I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Tembang Dolanan, Pembelajaran, Anak Usia Dini, Lagu Dolanan Anak
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:32
Last Modified: 22 Apr 2024 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64876

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum