PENGASUHAN ANAK USIA DINI INTROVERT DITAMAN KANAK-KANAK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA

Hasna Azizah, NIM.: 19104030041 (2024) PENGASUHAN ANAK USIA DINI INTROVERT DITAMAN KANAK-KANAK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGASUHAN ANAK USIA DINI INTROVERT DITAMAN KANAK-KANAK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA)
19104030041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGASUHAN ANAK USIA DINI INTROVERT DITAMAN KANAK-KANAK PKK MINGGIRAN YOGYAKARTA)
19104030041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas adanya suatu fenomena yang terjadi pada anak yang sangat menarik untuk diteliti yang berdasarkan studi kasus yang ada di TK PKK Minggiran yang terbilang masih minimnya kepribadian karakter, salah satunya pada karakter anak introvert. Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui gejala anak introvert di TK PKK, (2) untuk mengetahui pengasuhan guru terhadap anak introvert di TK PKK, (3) untuk mengetahui bagaimana mengatasi hambatan dan tantangan mengasuh anak introvert di TK PKK. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, objek sasaran penelitian ini adalah pengasuhan anak introvert, pokok pembahasan permasalahan ini terletak pada tiga anak memiliki karakter introvert, dengan mengambil latar belakang TK PKK Minggiran Yogyakarta. Analisis data kualitatif dalam kegiatan secara interaktif dan adanya keberlangsungan secara terus menerus hingga tercapainya suatu data dengan hasil yang sempurna. Keabsahan data ini dengan teknik memvalidasi data adalah dengan menggunakan teknik triangulasi. Teknik ini menjadikan suatu pemeriksaan validitas data yang memvalidasi dan membandingkan data menggunakan sesuatu di luar data itu sendiri. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) gejala anak introvert di TK PKK penanganan dalam mengelola lingkungan yang terjadi masih belum bisa dikatakan maksimal dikarenakan kurangnya apresiasi, adanyaa rasa trauma, ketika anak tersebut jarang berangkat sekolah subjek memilih untuk menutup dirinya dan adanya faktor ginetik sehingga anak tersebut dari gen dirinya sudah turun temurun 2) gejala introvert pada anak usia dini di TK PKK Dengan berbagai upaya yang dilakukan dan juga dikatakan berhasil apabila pengasuhan guru diharuskan untuk mengendalikan berbagai teknik yang dapat merangsang rasa ingin tahu, rasa percaya diri, dan harga diri self-esteem.3) hambatan dan tantangan mengasuh anak introvert masih belum dikatakan maksimal dalam menangani tantangan dan hambatan yang terjadi dikarenakan pengasuh hanya bisa menunggu waktu supaya anak dapat berkembang baik dengan sendirinya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh ‘Aziz, S. Pd. I., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Gejala Anak Introvert, Pengasuhan Guru, Problematika Pendidikan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:34
Last Modified: 22 Apr 2024 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum