MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD MELALUI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS MEDIA GAMBAR DI TK INKLUSI IBBAS KOTA YOGYAKARTA

Aulia Faraz Tantia, NIM.: 22204031021 (2024) MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD MELALUI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS MEDIA GAMBAR DI TK INKLUSI IBBAS KOTA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD MELALUI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS MEDIA GAMBAR DI TK INKLUSI IBBAS KOTA YOGYAKARTA)
22204031021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN KONSENTRASI ANAK ADHD MELALUI COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY BERBASIS MEDIA GAMBAR DI TK INKLUSI IBBAS KOTA YOGYAKARTA)
22204031021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi rendahnya konsentrasi anak ADHD, hal ini dikarenaka media yang digunakan dalam pembelajaran belum berkembang dan kurang menarik yang mengakibatkan anak kurang tertarik dan kurangnya rasa ingin tahu. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan konsentrasi anak yaitu dengan menggunakan Cognitive Behavior Therapy berbasis media gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh Cocnitive Behavior Therapy berbasis media gambar untuk meningkatkan kemampuan konsentrasi anak ADHD di TK Inklusi Ibbas Kota Yogyakarta. Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan Kuantitatif Adapun metode penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi. Populasi penelitian yaitu anak TK Inklusi Ibbas kota Yogyakarta kemudian diambil sampel menggunakan teknik probability sampling dengan jenis teknik simple random sampling, sehingga mendapatkan 8 orang anak untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik analisis data yaitu, 1) Analisis deskriptif, dengan menjabarkan nilai rata-rata penggunaan CBT berbasis media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD, 2) Analisis statistic menghitung secara sistematis sejumlah data untuk disajikan dengan menggunakan uji t-test dan uji N-gain dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil pengamatan dalam penelitian dilapangan diketahui terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan Cocnitive Behavior Therapy melalui media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD dilakukan perbandingan dari nilai pretest dan posttest yang masing-masing memiliki selisih nilai rata-rata 13 pratest dan 28.75 posstest . sedangkan uji t-test kedua variable mendapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 dengan demikian dinyatakan 0.000 < 0.05 berarti Ha diterima dan untuk uji N-Gain menghasilkan nilai rata-rata 0.8247 berada pada kategori tinggi untuk variable media gambar. Cognitive Behavior Therapy berbasis media gambar untuk meningkatkan konsentrasi anak ADHD di TK Inklusi Ibbas Yogyakarta efektif untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Suyadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: concentration; ADHD; CBT; image media
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:48
Last Modified: 22 Apr 2024 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum