E-ATLAS KEANEKARAGAMAN ECHINODERMATA DI PANTAI WATU LAWANG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA

Abdul Hafiz, NIM.: 19104070046 (2024) E-ATLAS KEANEKARAGAMAN ECHINODERMATA DI PANTAI WATU LAWANG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (E-ATLAS KEANEKARAGAMAN ECHINODERMATA DI PANTAI WATU LAWANG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA)
19104070046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (E-ATLAS KEANEKARAGAMAN ECHINODERMATA DI PANTAI WATU LAWANG GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMA/MA)
19104070046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis Echinodermata serta mengetahui indeks keanekaragaman Echinodermata dan penyebarannya di Pantai Watu Lawang Gunungkidul dan mengembangakan E-Atlas Keanekaragaman Echinodermata di Pantai Watu Lawang Gunungkidul Yogyakarta sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu penelitian keanekaragaman Echinodermata di Pantai Watu Lawang dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan dikombinasikan dengan penelitian Visual Encounter Survey (VES) untuk melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian dan tahap pengembangan E-Atlas Keanekaragaman Echinodermata dengan metode pengembangan R&D menurut Borg and Gall. Penelitian keanekaragaman Echinodermata ini menghasilkan 11 jenis spesies yang terbagi dalam 3 kelas yaitu kelas Ophiuridea, Echinoidea dan Holothuroidea. E-Atlas ini dinilai oleh 1 Ahli Materi, 1 Ahli Media, dan 1 Guru Biologi. Uji coba terbatas dilakukan oleh 35 orang siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan Bantul. Data hasil penilaian kualitas produk diperoleh dari lembar berupa angket instrument penilaian. Hasil penilaian ahli materi termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 90,4%, penilaian ahli media termasuk dalam kategori sangat layak dengan persentase nilai rata-rata 92,8%, penilaian guru biologi termasuk dalam kategori layak dengan persentase nilai rata-rata 85%, dan penilaian dari siswa memperoleh persentase nilai rata-rata 93,8% yang menunjukkan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa E-Atlas Keanekaragaman Echinodermata ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sulistiyawati, S.Pd.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: E-Atlas, Keanekaragaman, Echinodermata, Kuantitatif, Media Pembelajaran, Siswa
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 09:49
Last Modified: 22 Apr 2024 09:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum