PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KOMIK MATERI TOLERANSI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR

Wahyu Rusman Dwi Putra, NIM.: 20104010086 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KOMIK MATERI TOLERANSI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KOMIK MATERI TOLERANSI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR)
20104010086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS KOMIK MATERI TOLERANSI PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR)
20104010086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju menjadikan pembelajaran disekolah bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi dan media digital. Akan tetapi guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti belum memanfaatkan dengan maksimal media digital yang sekarang ini sangat mudah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran digital berbasis komik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti dengan materi “Toleransi”. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menguji kevalidan dan kelayakan produk berdasarkan penilaian para ahli dan para guru. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE dengan 5 tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) memperoleh skor rata-rata 3,6 oleh ahli materi dan nilai 3,3 oleh ahli media, sehingga komik digital dikategorikan “Valid” dan sangat layak sesuai dengan penilaian para ahli. 2) ujicoba skala kecil dilakukan bersama tiga guru. Uji coba pertama memperoleh rata-rata 3,5. Hasil uji coba kedua memperoleh nilai rata-rata 3,46. Hasil uji coba ketiga memperoleh nilai rata-rata 4. Skor secara keseluruhan memperoleh nilai rata-rata 3,65, sehingga dapat dikategorikan “Sangat Baik”. Dengan begitu kelayakan produk media pembelajaran digital berbasis komik dinyatakan sangat layak untuk digunakan sebagai media dalam membantu belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Komik, Toleransi, Media Pendidikan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 11:23
Last Modified: 22 Apr 2024 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64899

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum