PEMBUMIAN TAFSIR AL-QUR’AN NUSANTARA DALAM PENGAJIAN TAFSIR AL-IBRIZ DI PONDOK PESANTREN BINAUL UMMAH WONOLELO, PLERET, BANTUL

Aidha Adha Siregar, NIM.: 19105030117 (2024) PEMBUMIAN TAFSIR AL-QUR’AN NUSANTARA DALAM PENGAJIAN TAFSIR AL-IBRIZ DI PONDOK PESANTREN BINAUL UMMAH WONOLELO, PLERET, BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBUMIAN TAFSIR AL-QUR’AN NUSANTARA DALAM PENGAJIAN TAFSIR AL-IBRIZ DI PONDOK PESANTRENBINAUL UMMAH WONOLELO, PLERET, BANTUL)
19105030117_AIDHA_ADHA_SIREGAR_FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBUMIAN TAFSIR AL-QUR’AN NUSANTARA DALAM PENGAJIAN TAFSIR AL-IBRIZ DI PONDOK PESANTRENBINAUL UMMAH WONOLELO, PLERET, BANTUL)
19105030117_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pengajian Kitab Tafsir Al Ibriz ini lebih dipilih untuk dijadikan bahan kajian dalam masyarakat jawa K arena selain kitabnya yang berbahasa jawa pegon, penjelasan dan arti yang ada di dalamnya juga menggunakan bah a sa jawa pegon, hal inilah yang menjadi alasan dipilihnya K itab Tafsir Al Ibriz ini dalam pengajian yang diselenggarakan di P ondok P esantren B inaul U mmah, W onolelo, P leret B antul Y ogyakarta. Menariknya pengajian di P ondok P esantren B inaul U mmah ini dari pengajian lain nya ialah selain mengkaji kitab tafsir para jamaah juga mengikut i kegiatan simaan 1 juz Al Qur’an yang dibacakan santri sebelum pembacaan tafsir di mulai. Kemudian peneliti mencoba mengkaitkan pengajian Tafsir Al Ibriz di P ondok P esantren B inaul U mmah ini dengan tradisi tafsir Al Qur’an N usantara . M elalui pe makna an pengajian di P ondok P esantren B inaul U mmah , dapat dilihat bahwa pengajian ini merupakan bagian dari upaya para ulama N usantara dalam melanjutkan tugas ulama terdahulu , yaitu untuk membumikan tradisi tafsir Al Qur’an Nusantara. Penelitian ini mendeskripsikan proses pelaksanaan serta memahami pemaknaan pengajian Tafsir Al Ibriz di P ondok P esantren B inaul U mmah W onolelo P leret B antul Y ogyakarta dalam pembumian trad i si tafsir Al Qur’an Nusantara . Fokus penelitian ini menggunakan alat analisis hermeneutika Schleiermacher dengan dua pendekatan interpretasi (interpretasi gramatikal dan interpretasi psikologis) psikologis), serta teori I slam Nusantara juga digunakan sebagai objek dalam melihat peristiwa pengajian yang diambil. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengolahan data melalui tiga hal yaitu redukasi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan penelitian ini adalah: Pertama, peristiwa pengajian Tafsir Al Ibriz d i Pondok Pesantren Binaul Umm a h merupakan sebuah teks kebudayaan. Kemudian dimaknai melalui interpretasi gramatikal d alam bentuk keberlangsungan pelaksanaan pengajian Tafsir Al Ibriz , yang meliputi latar belakang diadakannya pengajian, gambaran proses pelaksanaan pengajian tafsir , serta metode penyampaian dan penafsiran dalam pengajian tafsir tersebut. Kedua, ditinjau melalui interpretasi psikologis pengajian Tafsir Al Ibriz di P ondok P esantren B inaul U mmah dapat dirumuskan menjadi tiga hal, yaitu : P engajian Tafsir Al Ibriz merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan ulama Nusantara untuk melanjutkan tradisi tafsir Al Qur’an Nusantara, b) P engajian Tafsir Al Ibriz merupakan upaya pembumian tradisi tafsir Al Qur’an Nusantara c) P engajian Tafsir Al Ibriz termasuk dalam penguatan praktik Islam Nusantara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : M. Yaser Arafat, M.A., S.Sos.
Uncontrolled Keywords: Islam Nusantara; Tradisi Tafsir Al-Qur’an Nusantara
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 22 Apr 2024 11:36
Last Modified: 22 Apr 2024 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum