PENGEMBANGAN KONTEN VIDEO PRAKTIKUM MATERI GUGUS FUNGSI BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MELALUI CHANNEL YOUTUBE UNTUK SISWA KELAS XII SMA

Nurul Umah, NIM.: 20104060014 (2024) PENGEMBANGAN KONTEN VIDEO PRAKTIKUM MATERI GUGUS FUNGSI BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MELALUI CHANNEL YOUTUBE UNTUK SISWA KELAS XII SMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KONTEN VIDEO PRAKTIKUM MATERI GUGUS FUNGSI BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MELALUI CHANNEL YOUTUBE UNTUK SISWA KELAS XII SMA)
20104060014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KONTEN VIDEO PRAKTIKUM MATERI GUGUS FUNGSI BERMUATAN CHEMO-ENTREPRENEURSHIP (CEP) MELALUI CHANNEL YOUTUBE UNTUK SISWA KELAS XII SMA)
20104060014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Entrepreneurship menjadi bekal penting untuk menghadapi tingginya persaingan di era globalisasi. Entrepreneurship perlu ditanamkan sejak dini melalui pendidikan formal maupun non-formal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan konten youtube berupa video praktikum bermuatan Chemo-Entrepreneurship pada materi gugus fungsi dan menguji kelayakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadaptasi model 4-D (Define, Design, Development, Disseminate). Produk yang dikembangkan dinilai oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian kualitas produk dan lembar respon siswa. Hasil penilaian dari ahli materi adalah sebesar 78% dengan kategori sangat baik, ahli media sebesar 96% dengan kategori sangat baik, dan hasil penilaian dari reviewer adalah sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Siswa memberi respon positif terhadap video praktikum yang dikembangkan dan diperoleh persentase sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa video praktikum yang dikembangkan layak digunakan sebagai media alternatif dalam pembelajaran praktikum gugus fungsi dan meningkatkan jiwa entrepreneurship siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Chemo-Entrepreneurship, Gugus Fungsi, Video Praktikum
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 15:25
Last Modified: 22 Apr 2024 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum