PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI REAKSI REDOKS

Teguh Iman Nugraha, NIM.: 20104060020 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI REAKSI REDOKS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI REAKSI REDOKS)
20104060020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MENGGUNAKAN ANDROID PADA MATERI REAKSI REDOKS)
20104060020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kebutuhan peserta didik yang merasa jenuh dan bosan pada saat proses pembelajaran mata pelajaran Kimia. Peserta didik membutuhkan media yang bisa menyampaikan materi yang variatif dan inovatif. Dalam proses pembelajaran sudah menggunakan media pembelajaran media gambar tetapi belum menggunakan media yang bervariatif ataupun media yang dapat berinteraksi langsung dengan peserta didik, seperti media interaktif berbasis Articulate Storyline 3, sedangkan fasilitas sekolah sudah memadai seperti adanya sarana dan prasarana komputer dan LCD Proyektor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) dengan model pengembangan model 4D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, penelitian ini hanya terbatas pada tahap develop. Produk yang dihasilkan divalidasi oleh dosen pembimbing, tiga peer reviewer, satu dosen ahli materi dan satu dosen ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga reviewer SMA/MA dan direspon oleh 10 peserta didik kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta yang telah mendapatkan materi reaksi redoks. Penilaian kualitas produk dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilaikan kepada ahli yang sesuai bidangnya. Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan persentase keidealan oleh ahli materi, ahli media, reviewer, dan respon siswa berturut-turut sebesar 91%, 87%, 85,4%, dan 98%. Semua persentase tersebut termasuk ke dalam kategori Sangat Baik (SB). Artinya, aplikasi Articulate Storyline 3 berbasis android pada materi reaksi redoks layak dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang dapat mendukung proses belajar mengajar serta mampu meningkatkan semangat dan pemahaman siswa terkait materi reaksi redoks terutama mengenai manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline 3, Android, Reaksi Redoks
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 15:31
Last Modified: 22 Apr 2024 15:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64913

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum