PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X

Indah Ayudia, NIM.: 20104060031 (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X)
20104060031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN YANG INKLUSIF PADA MATERI IKATAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA KELAS X)
20104060031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran yang ada di sekolah inklusif belum sepenuhnya dikembangkan secara inklusif sesuai dengan potensi dan kebutuhan siswa penyandang disabilitas. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video animasi pembelajaran yang inklusif pada materi ikatan kimia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas X. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian kualitas dan respon siswa. Hasil penilaian ahli media, ahli materi, dan reviewer memperoleh persentase keidealan sebesar 85%, 93%, 88% dengan kategori Sangat baik. Respon siswa memperoleh persentase keidealan sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa video animasi yang dikembangkan layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran inklusif di kelas X untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar materi ikatan kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Pembelajaran Kimia, Pembelajaran Inklusif, Motivasi Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Apr 2024 15:51
Last Modified: 22 Apr 2024 15:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64915

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum