PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI KONSEP MATERI SEL VOLTA

Latansa Naelal Izzati, NIM.: 20104060038 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI KONSEP MATERI SEL VOLTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI KONSEP MATERI SEL VOLTA)
20104060038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MEMBANTU SISWA MEMAHAMI KONSEP MATERI SEL VOLTA)
20104060038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan teknologi diperlukan untuk memvisualisaikan materi sel volta yang memiliki komponen yang bersifat submikroskopik agar menjadi lebih konkret. Upaya dapat dilakukan dengan mengintegrasikan media pembelajaran dengan teknologi sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media flashcard berbasis augmented reality materi sel volta dan mengetahui kualitas media yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, develop, implementation, dan evaluation) dan direspon oleh sepuluh siswa SMA/MA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert dan lembar respon siswa menggunakan skala Guttman. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapat persentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media sebesar 89,23% dengan kategori Sangat Baik, reviewer sebesar 90,58% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan mendapatkan respon positif dari siswa dengan persentase 98,8%. Berdasarkan hasil penilaian kualitas dan respon siswa dapat disimpulkan bahwa media flashcard berbasis augmented reality materi sel volta yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sel volta untuk membantu siswa memahami konsep materi sel volta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Flashcard Berbasis Augmented Reality, Sel Volta, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 08:58
Last Modified: 23 Apr 2024 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64917

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum