EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 2 YOGYAKARTA

Aulia Himmawati, NIM.: 20104080025 (2024) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 2 YOGYAKARTA)
20104080025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED PROBLEM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATERI PECAHAN KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH SOKONANDI 2 YOGYAKARTA)
20104080025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Permasalahan yang dikaji adalah apakah terdapat perbedaan efektivitas Open Ended Problem dan Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan efektivitas Open Ended Problem dan kelas kontrol terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design. Komponen yang diteliti adalah Open Ended Problem dan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Sokonandi 2. Sampel penelitiannya adalah non-random sampling (kelas IVE dan kelas IVF). Kelas IV E berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen diberi treatment Open Ended Problem sedangkan kelas IV F berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol diberi penerapan Discovery Learning. Instrumen dalam penelitian ini adalah wawancara dengan guru, pretest dan posttest kemampuan berpikir kritis, modul ajar Open Ended Problem dan Discovery Learning serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t’ Independent dan uji N-gain Score. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian membuktikan bahwa Open Ended Problem pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran kelas kontrol terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan. Uji t’ independent posttest yang dilakukan memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari< 0,05. Uji N-gain yang dilakukan memperoleh nilai rata-rata N-gain kelas kontrol 35,91% termasuk kategori tidak efektif sedangkan nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen 67,69% termasuk kategori cukup efektif dan 0,67 dalam kategori sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan Open Ended Problem dengan pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan model pembelajaran Open Ended Problem cukup efektif serta berkategori sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pecahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Open Ended Problem, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Discovery Learning, Materi Pecahan
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 09:45
Last Modified: 23 Apr 2024 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64923

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum