STUDI EKSPERIMEN METODE EKLEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHARAH AL-ARBA’AH BAHASA ARAB KELAS IX MTS MA’ARIF NURUL DHOLAM PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024

Satria Effendi, NIM.: 21204022016 (2024) STUDI EKSPERIMEN METODE EKLEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHARAH AL-ARBA’AH BAHASA ARAB KELAS IX MTS MA’ARIF NURUL DHOLAM PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI EKSPERIMEN METODE EKLEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHᾹRAH AL-ARBA’AH BAHASA ARAB KELAS IX MTS MA’ARIF NURUL DHOLAM PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024)
21204022016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STUDI EKSPERIMEN METODE EKLEKTIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MAHᾹRAH AL-ARBA’AH BAHASA ARAB KELAS IX MTS MA’ARIF NURUL DHOLAM PENGASIH KULON PROGO TAHUN AJARAN 2023/2024)
21204022016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui penerapan metode eklektik menggunakan media audio visual dalam upaya meningkatkan mahārah al-arba’ah bahasa Arab di kelas IX MTs Ma’arif Nurul Dholam Pengasih. (2) Memaparkan serta menjelaskan efektifitas metode eklektik menggunakan media audio visual dalam upaya meningkatkan mahārah al-arba’ah bahasa Arab kelas IX MTs Ma’arif Nurul Dholam Pengasih. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat pembelajaran bahasa Arab dalam penerapan metode eklektik menggunakan media audio visual dalam upaya meningkatkan mahārah alarba’ah bahasa Arab pada kelas IX MTs Ma’arif Nurul Dholam Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun yang menjadi sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs. Ma’arif Nurul Dholam Pengasih Kulon Progo yang berjumlah sebanyak 30 anak. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan di antaranya menggunakan metode eksperimen, observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial yang menggunakan tahapan uji normalitas, uji homogeniitas serta uji t dengan pre-test dan post test. Hasil penelitian menujukkan bahwa studi eksperimen metode eklektik menggunakan media audio visual dalam upaya meningkatkan mahārah al-arba’ah bahasa Arab kelas IX MTs Ma’arif Nurul Dholam Pengasih Kulon Progo efektif. Dengan perincian nilai pre test untuk kelas eksperimen sebesar 65,55 dan kelas kontrol sebesar 69, 16. Sedangkan nilai post test Sedangkan hasil nilai posttest kelompok kontrol sebesar 78,33 dan kelompok eksperimen sebesar 85,27. Hal tersebut menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dari tabel tersebut juga diketahui bahwa peningkatan hasil belajar Bahasa Arab kelompok kontrol adalah 9,17 dan kelompok eksperimen adalah 19,72. Maka dinyatakan bahwa kelas eksperimen lebih efektif dari kelas kontrol. Demikian halnya dengan nilai rata-rata n-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 69,85 atau 69,8% termasuk dalam kategori cukup efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 40,63% dan score maximal 88,89%. Sedangkan untuk rata-rata N-gain score kelas kontrol adalah sebesar 49,18 atau 49,2% termasuk kategori kurang efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 25,49% dan score maximal 71,49%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Dailatus Syamsiyah, S.Ag, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik, Audio Visual, Maharah Al- Arba’ah
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 11:45
Last Modified: 23 Apr 2024 11:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64933

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum