DIRASATUN TAHLILIYATUN IMLAIYATUN MIN AL-KALIMATI AL- MUQTARADHATI MIN AL-LUGHATI AL-‘ARABIYATI MIN MANZHURI QAWA’IDATI AL-AJNABIYATI ILA AL-INDUNISIYATI

Muhammad Sayuti, NIM.: 21204022019 (2024) DIRASATUN TAHLILIYATUN IMLAIYATUN MIN AL-KALIMATI AL- MUQTARADHATI MIN AL-LUGHATI AL-‘ARABIYATI MIN MANZHURI QAWA’IDATI AL-AJNABIYATI ILA AL-INDUNISIYATI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DIRASATUN TAHLILIYATUN IMLAIYATUN MIN AL-KALIMATI AL- MUQTARADHATI MIN AL-LUGHATI AL-‘ARABIYATI MIN MANZHURI QAWA’IDATI AL-AJNABIYATI ILA AL-INDUNISIYATI)
21204022019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DIRASATUN TAHLILIYATUN IMLAIYATUN MIN AL-KALIMATI AL- MUQTARADHATI MIN AL-LUGHATI AL-‘ARABIYATI MIN MANZHURI QAWA’IDATI AL-AJNABIYATI ILA AL-INDUNISIYATI)
21204022019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kata serapan bahasa Arab yang telah dibukukan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) akan tetapi banyak kekeliruan dalam penulisan ortografi dari kata tersebut. Sehingga jika ditinjau kembali kepada kamus-kamus bahasa Arab ditemukan beberapa penulisan huruf yang dituliskan tidak sesuai dengan huruf aslinya, padahal huruf-huruf tersebut mempunyai padanan yang sama dalam alfabet Indonesia. Selain itu juga banyak kata serapan yang ditinjau dari segi leksikologi mengalami beberapa perubahan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk penulisan kata serapan bahasa Arab dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ditinjau dari ortografi dan leksikologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan pada perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dan perpustakaan Imam Muhammad bin Saud University Jakarta dengan subjek penelitian pada kosakata bahasa Arab yang termuat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sumber data pada penelitian ini terdiri dari dua sumber yaitu data primer dan data skunder. Metode pengumpulan data berupa gabungan antara metode dokumentasi dan analisis dokumen. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ditemukan beberapa bentuk penulisan huruf pada kata serapan yang tidak konsisten seperti penulisan huruf ain yang ditulis dengan ‘a, a, dan k, penulisan huruf ta marbutah sukun dengan t dan h, penulisan huruf qaf yang ditulis dengan k dan q, penulisan huruf tha dengan t dan th, penulisan huruf waw dengan w dan u, penulisan huruf ya dengan y dan a. Selain dari itu juga ditemukan beberapa perubahan makna yang disebabkan oleh kesalahan dalam menuliskan huruf, perubahan makna karna faktor sejarah dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., MSI
Uncontrolled Keywords: Ortografi, Kata Serapan Bahasa Arab, Transliterasi
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 11:50
Last Modified: 23 Apr 2024 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum