DESAIN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS AUDIOVISUAL (DUBBING) ANIME JEPANG-ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PSIKOLOGI SISWA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB

Taufik Nurrohman, NIM.: 21204022022 (2024) DESAIN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS AUDIOVISUAL (DUBBING) ANIME JEPANG-ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PSIKOLOGI SISWA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DESAIN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS AUDIOVISUAL (DUBBING) ANIME JEPANG-ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PSIKOLOGI SISWA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB)
21204022022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DESAIN PENGEMBANGAN APLIKASI BERBASIS AUDIOVISUAL (DUBBING) ANIME JEPANG-ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PSIKOLOGI SISWA DALAM BERBICARA BAHASA ARAB)
21204022022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakang oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa, berbagai penelitian telah dilakukan di Indonesia, mulai dari pengembangan modul ajar, metode dan media pembelajaran, namun belum menemukan titik terang dalam hal ini. Selain itu keterbatasan waktu di kelas dalam pembelajaran seringkali menimbulkan berbagai macam faktor kesulitan dalam pembelajaran bahasa. Motivasi dan psikologi menjadi faktor penting dalam keberhasilan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Sehingga dengan adanya penelitian ini bertujuan untuk 1) Merancang dan mengembangkan aplikasi berbasis audio visual (dubbing) bahasa Arab yang dapat meningkatkan motivasi dan psikologi siswa dalam berbicara bahasa Arab. 2) Bagaimana penggunaan teknologi audio visual (dubbing) dapat meningkatkan motivasi dan psikologi siswa dalam berbicara bahasa Arab. 3)Sejauh mana efektivitas aplikasi berbasis audio visual (dubbing) bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Untuk mengetahui efektivitas aplikasi Dubbing ini, peneliti menggunakan jenis one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMK Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan tes. Uji analisis data menggunakan uji Paired Sample T-Test dan uji N-Gain Score dengan bantuan SPSS 27. Hasil penelitian ini adalah: 1) Desain pengembangan aplikasi berbasis audiovisual (dubbing) yang berisi klip anime yang sudah dikonversi dalam bahasa Arab sebagai kebutuhan pembelajaran bahasa Arab. 2) hasil Desain pengembangan aplikasi dubbing ini di analisis dengan menggunakan uji analisis SPSS dan penjabaran dari penggunaan kuesioner HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale), adapun hasil uji analisis sample t-test sebesar 0,00 dan N-Gain Score sebesar 0,69 atau 69% dengan kategori ―cukup efektif‖, begitu pula dengan hasil yang di tunjukan dari analisis kuesioner HARS jumlah siswa yang mengalami kecemasan berat dan berat sekali menurun drastis dari sebelumnya 17 orang dan setelah penggunaan aplikasi hanya 1 orang yang mengalami kecemasan berat dan berat sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S.Pd.I., MSI
Uncontrolled Keywords: Dubbing, Motivasi Belajar, Psikologi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 11:53
Last Modified: 23 Apr 2024 11:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64935

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum