PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II SD QURROTA A’YUN BABADAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN AURAL -AURAL APPROACH

Sinta Purnama Sari, NIM.: 21204022030 (2024) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II SD QURROTA A’YUN BABADAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN AURAL -AURAL APPROACH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II SD QURROTA A’YUN BABADAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN AURAL -AURAL APPROACH)
21204022030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU AJAR BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS II SD QURROTA A’YUN BABADAN YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN AURAL -AURAL APPROACH)
21204022030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua hal yaitu: Pertama mengetahui pengembangan buku ajar bahasa Arab pada siswa kelas II Sekolah Dasar Qurrota A’yun Babadan dengan pendekatan aural-oral approach, kedua mengetahui efektifitas pengembangan buku ajar bahasa Arab pada siswa dengan pendekatan aural-oral approach. Jenis penelitian yang digunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE teori dari Robert Mariabe Branch yang memiliki lima langkah yaitu 1. Analysis, 2. Design 3. Development, 4. Implementation, 5. Evaluation. Teknik pengumpulan data berupa tes, yaitu pre-test dan post-test, sedangkan non-test yaitu, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan indenpendent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pengembangan buku ajar bahasa Arab menggunakan pendekatan aural-oral approach yang menghasilkan buku ajar berjudul “Buku Ajar Bahasa Arab Kelas II” terdiri 4 materi yaitu : المفرداتٌٌ أعضاء اٌلجسم,الأسرة, اٌلمفردات عٌن اٌلفصل, .ٌٌالمفردات عٌن اٌلبيت Pada setiap materi terdapat kosakata bahasa Arab, percakapan dan latihan pada bagian akhir untuk mengasah kemampuan pemahaman siswa terhadap materi sebelumnya. Produk yang dikembangkan telah melalui uji kelayakan berupa kelayakan ahli materi dan media yang memperoleh predikat “sangat layak” dengan rata-rata persentase sebesar 14.25 dan ahli media memperoleh rata-rata persentase sebesar 21.00 dengan predikat “layak” maka kualitas buku ajar ini “baik”. 2) Buku ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui melalui hasil efektifitas Pengembangan buku ajar bahasa Arab pada siswa kelas II Sekolah dasar Qurrota A’yun Babadan Yogyakarta terbukti sangat efektif. Hal ini diketahui melalui hasil uji Independent Sample T-test yang memperoleh nilai sig (2-Tailed) sebesar 0,000 ≤ 0,05 yang berarti terdapat perbedaan perbedaan nilai yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Dan untuk memperkuat penelitian yaitu data hasil respon siswa terhadap buku ajar sebesar 97,5 dengan respon “sangat posif” dengan artian bahwa pengembangan buku ajar bahasa Arab sangat efektif untuk digunakan di Sekolah Dasar Qurrota A’yun Babadan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr Agung Setiyawan, S.Pd., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Buku Saku, Bahasa Arab, Aural-Oral Approach, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Apr 2024 14:27
Last Modified: 23 Apr 2024 14:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64938

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum