Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural

Aprilita Hajar, - and Noor Hamid, - and Abdul Haris, - and Rosichin Mansur, - (2023) Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural. An-Nur: Jurnal Studi Islam, 15 (2). pp. 215-231. ISSN P-ISSN 1829-8753, E-ISSN 2502-0587

[img]
Preview
Text (Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural)
Filsafat Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendidikan Multikultural.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Artikel ini membahas tentang pemikiran pendidikan Islam dalam sudut pandang pendidikan multikultural, dan juga urgensi dalam mengintegrasikan multikulturalisme dalam pendidikan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan merujuk pada sumber data kepustakaan. Pendidikan Islam berwawasan multikultural dilakukan dengan tujuan menanamkan kesadaran dalam pentingnya hidup dengan nilai-nilai kerjasama, toleransi, kerukunan dalam berbagai perbedaan. Sehingga timbul jalan terbaik untuk mengatasi konflik keagamaan. Hal ini difokuskan pada ranah pendidikan karena di dalamnya memiliki karakteristik berfikir terbuka, belajar hidup dalam perbedaan, saling memahami. Dan Pendidikan Islam berwawasan multikultural sebagai jalan keluar dari adanya konflik yang akan atau sedang terjadi. Berfikir dengan cara mendalam seperti pengertian dari filsafat pendidikan Islam akan membantu dalam mengkaji tentang berbagai masalah yang ada hubungannya dengan pendidikan Islam. Adapun hasil dari penelitian ini adalah munculnya pemahaman dalam memaknai hakikat pendidikan Islam, bagaimana prinsip, tujuan dan fungsi pendidikan multikultural dalam perspektif filsafat pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Filsafat, Pendidikan Islam, Multikultural
Subjects: Pendidikan > Filsafat Pendidikan
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 25 Apr 2024 09:51
Last Modified: 25 Apr 2024 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/64977

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum