FENOMENA KAWIN PAKSA ( NILARIANG ) PADA MASYARAKAT SUKU BUGIS KUALA ENOK INDRAGIRI HILIR RIAU ( KAJIAN LIVING HADIS )

Dandy Rizaldi, NIM.: 19105050075 (2024) FENOMENA KAWIN PAKSA ( NILARIANG ) PADA MASYARAKAT SUKU BUGIS KUALA ENOK INDRAGIRI HILIR RIAU ( KAJIAN LIVING HADIS ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (FENOMENA KAWIN PAKSA ( NILARIANG ) PADA MASYARAKAT SUKU BUGIS KUALA ENOK INDRAGIRI HILIR RIAU ( KAJIAN LIVING HADIS ))
19105050075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA KAWIN PAKSA ( NILARIANG ) PADA MASYARAKAT SUKU BUGIS KUALA ENOK INDRAGIRI HILIR RIAU ( KAJIAN LIVING HADIS ))
19105050075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menjelaskan tentang fenoemna perkawinan paksa di dalam masyarakat suku bugis, faktor apa saja yang melatar belakangi fenomena tersebut, serta dampak yang akan di timbulkan baik dalam rumah tangganya maupun lapisan lungkungan sosialnya. Dan juga bagaiamana suku bugis yang ada di Kuala Enok Indragiri Hilir Riau ini bisa memahami hadis-hadis mengenai perkawinan paksa. Penelitian ini juga menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan normative-empiris. Data penelitian di dapatkan melalui observasi dan proses wawancara kepada beberapa orang yang ada dalam masyarakat tersebut dan mengkajinya berupa informasi dari studi psutaka yang mendukung teori dalam penelitian ini sehingga bisa menciptakan penelitian yang baik. Hasil dari penelitian yang di dapatkan bahwasannya, fenomena perkawinan paksa dalam masyarakat bugis Kuala Enok Indragiri Hilir Riau ini sudah terjadi dari zaman dahulu, banyak orang-orang terdahulu di nikahkan secara paksa di karenakan beberapa faktor yang berbeda-beda dari mereka. Mulai dari ketidak stabilannya kondisi ekonimi, desakan orang tua, faktor budaya adat bugis, dan lingkungan. Orang-orang zaman dahulu banyak menikahkan anak-anak mereka begitu saja di karena adanya faktor tadi dan minimnya ilmu pengetahuan yang belum bisa di akses atau di dapatkan dari mana pun, akan tetapi berbeda dengan keadaan zaman sekarang yang semakin cangging dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, oelah sebab itu fenomena kawin paksa ini semakin berkurang terjadi di karenakan sudah banyak dari mereka yang paham akan fenomena tersebut. Mereka sudah semakin paham jika apa saja dampaknya yang akan terjadi jika mereka masih melakukan pernikahan paksa ini kepada anaknya, baik dalam rumah tangganya maupun dalam lingkungan sosialnya. Masyarakat bugis Kuala Enok Indragiri Hilir Riau juga sedikit demi sedikit mulai memahami banyak hadis-hadis dari Nabi Muhammad SAW tentang kawin paksa ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Agung Danarta, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kawin Paksa, Masyarakat Bugis, Hak Ijbar, Wali Mujbir, Hadis Perkawinan
Subjects: Hadis
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 May 2024 15:57
Last Modified: 03 May 2024 15:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum