RESILIENSI PEREMPUAN PEKERJA INFORMAL BERPERAN GANDA (STUDI KASUS BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA)

Julieta Cardova, NIM.: 18102050037 (2024) RESILIENSI PEREMPUAN PEKERJA INFORMAL BERPERAN GANDA (STUDI KASUS BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESILIENSI PEREMPUAN PEKERJA INFORMAL BERPERAN GANDA (STUDI KASUS BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA))
18102050037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (RESILIENSI PEREMPUAN PEKERJA INFORMAL BERPERAN GANDA (STUDI KASUS BURUH GENDONG DI PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA))
18102050037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan berperan ganda yang bekerja di sektor informal mengalami kesulitan antara bekerja dan mengurus rumah. Umumnya perempuan pekerja informal dihadapkan dengan berbagai masalah seperti upah yang tidak tentu dalam pemenuhan ekonomi, keselamatan kerja, dan diskriminasi gender. Perempuan bekerja terkadang mengalami masalah beban ganda yang mengharuskan perempuan bekerja mencari nafkah dan mengurus pekerjaan rumah yang mana seringkali menyebabkan tekanan fisik dan mental seseorang. Hal ini dialami oleh perempuan buruh gendong di Pasar Giwangan yang menjalani peran ganda yakni bekerja dan mengurus rumah. Dengan adanya kesulitan tersebut tentu dapat mempengaruhi kondisi mental/ psikis terhadap adanya tekanan dan kesulitan buruh gendong dan bagaimana mencapai resiliensi untuk bangkit dari kesulitan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan yang dialami buruh gendong sebagai pekerja informal berperan ganda dan bagaimana resiliensinya mengatasi kesulitan yang dilaluinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data lapangan atau field research jenis studi kasus. Penelitian ini melibatkan empat informan utama dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yakni observasi non partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang diuji dengan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menemukan terdapat kesulitan yang dialami buruh gendong yang terbagi menjadi dua yakni kesulitan di sektor domestik dan kesulitan di sektor publik yang semuanya dialami oleh empat informan. Kesulitan di sektor domestik diantaranya adalah ketidaksetaraan pembagian peran dan pembagian waktu. Sedangkan sektor publik yakni upah tidak tentu dan pelecehan seksual. Dalam menghadapi kesulitan tersebut, buruh gendong memiliki faktor pembentukan resiliensi dan level resiliensi yang berbeda. Level 1 resiliensi (survive/ bertahan) dicapai oleh Ibu TI, level 2 resiliensi (recovery / pemulihan) dicapai oleh Ibu AR, sedangkan level 3 (thriving/ berkembang) dicapai oleh dua informan yakni Ibu SM dan Ibu PN. Ditemukan juga bahwa resiliensi setiap informan dipengaruhi oleh dukungan sosial baik keluarga maupun lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Abidah Muflihati S.Th.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Resiliensi, Perempuan Pekerja Informal, Peran Ganda
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Gender
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jun 2024 10:41
Last Modified: 10 Jun 2024 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65101

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum