PERENCANAAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI ASRAMA MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG

Muhammad Hasan Turki, NIM.: 19102040055 (2024) PERENCANAAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI ASRAMA MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI ASRAMA MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG)
19102040055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI DI ASRAMA MU’ALLIMIN HASYIM ASY’ARI TEBUIRENG JOMBANG)
19102040055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang perencanaan pondok pesantren dalam meningkatkan sikap serta karakter kepada santri melalui pendekatan kreatif, inovatif, dan kedisiplinan. Pengembangan pondok pesantren terus dilakukan demi lembaga pondok pesantren yang berkualitas termasuk dalam perencanaan yang profesional dan aplikatif sehingga mampu menciptakan generasi yang siap akan perubahan-perubahan zaman serta mampu mandiri tanpa mengandalkan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang kemudian menghasilkan data deskriptif. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwasannya perencanaan pondok pesantren dalam meningkatkan sikap kemandirian santri yang ada di asrama Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dengan menerapkan 4 langkah dalam melakukan perencanaan berupa menetapkan tujuan, merumuskan keadaan, mengidentifikasi hambatan serta kemudahan, dan Pengembangan rencana atau rangkaian kegiatan yang nantinya akan merumuskan beberapa kegiatan sebagai upaya dalam meningkatkan sikap kemandirian santri yang meliputi progam kegiatan dalam meningkatkan kemandirian emosional, bertindak, dan kemandirian dalam menilai segala sesuatu yang selanjutnya dilaksanakan oleh santri melalui pendampingan, pemberian motivasi, arahan, dan perintah sehingga memberikan dampak pada peningkatan sikap kemandirian santri yang ada di asrama Mu’allimin Hasyim Asy’ari meliputi peningkatan sikap percaya diri, kemampuan berinisiatif, menghargai waktu, memiliki keterampilan, serta sikap tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Perancanaan, Pondok Pesantren, Kemandirian, Asrama Mu’allimin Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang
Subjects: Manajemen
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jun 2024 10:47
Last Modified: 10 Jun 2024 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65103

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum