GAYA KEPEMIMPINAN PATERNALISTIK DI ASRAMA MTS PUTRA PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN 2023

Siti Hikmah Miftakhul Jannah, NIM.: 19102040066 (2024) GAYA KEPEMIMPINAN PATERNALISTIK DI ASRAMA MTS PUTRA PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN 2023. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GAYA KEPEMIMPINAN PATERNALISTIK DI ASRAMA MTS PUTRA PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GAYA KEPEMIMPINAN PATERNALISTIK DI ASRAMA MTS PUTRA PONDOK PESANTREN KRAPYAK YAYASAN ALI MAKSUM YOGYAKARTA TAHUN 2023)
19102040066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan meningkatnya jumlah santri dari tahun sebelumnya membuktikan bahwa banyak para walisantri yang mempercayakan untuk memondokkan putranya ke Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta. Dengan demikian pondok pesantren memiliki kepemimpinan dalam mewujudkan visi dan misi pesantren yang dilakukan oleh pembimbing asrama. Tujuan akan tercapainya secara maksimal ketika seorang pemimpin menerapkan gaya kepemimpinan yang sesuai dengan bawahannya serta lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh Pembimbing Asrama Mts Putra Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana gaya kepemimpinan pembimbing asrama Mts putra di Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta pada tahun 2023. Dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) atau metode kualitatif, dengan subjek penelitian adalah Pembimbing Asrama Mts Putra, santri, dan walisantri, pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menurut Miles Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, menggunakan teknik keabsahan data triangulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data, sehingga data yang dihasilkan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembimbing Asrama Mts Putra Pondok Pesantren Krapyak Yayasan Ali Maksum Yogyakarta memiliki gaya skepemimpinan paternalistik. Gaya kepemimpinan paternalistik yang diambil yaitu sesuai dengan 6 indikatoer menurut Gibson. Dari 6 indikator menurut Gibson, 3 yang sesuai dengan gaya kepemimpinan pembimbing putra Mts yaitu berperan sebagai orang tua, bersifat melindungi, dan jarang memberi kesempatan bawahan untuk berpendapat dengan alasan untuk tetap mempertahankan tagaknya tata tertib pesantren yang ada dan untuk membatasi ruang antara pembimbing dan wali santri serta pembimbing dengan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Gaya Kepemimpinan, Paternalistik, Pondok Pesantren
Subjects: Gaya Kepemimpinan
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 10 Jun 2024 10:50
Last Modified: 10 Jun 2024 10:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65104

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum