REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television)

Mas Noviani, NIM.: 20102010001 (2024) REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television))
20102010001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI FIGUR GANJAR PRANOWO DALAM TAYANGAN AZAN MAGRIB DI TELEVISI (Analisis Semiotika John Fiske melalui Teori The Codes Of Television))
20102010001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menjelang masa Pemilihan Umum Tahun 2024 di Indonesia, seluruh partai politik mengatur sedemikian rupa strategi politik demi meningkatkan nilai elektabilitasnya. Seperti menggunakan iklan politik di media massa yang dikombinasikan dengan agama. Hal ini terjadi pada tayangan azan magrib di televisi yang diperankan oleh Ganjar Pranowo, yang kemudian menyebabkan pro dan kontra dikalangan publik apakah tayangan tersebut menggambarkan sebuah politik identitas atau tidak. Dengan persoalan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Ganjar Pranowo direpreentasikan dalam tayangan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, yang menggunakan metode analisis semiotik John Fiske melalui Teori The Code Of Television serta teori komunikasi massa dan teori representasi untuk mempertegas penjelasan pada analisis yang dilakukan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada tayangan azan tersebut Ganjar Pranowo direpresentasikan ke dalam tiga bentuk representasi, yaitu representasi reflektif, intensional, dan konstruksinis. Namun, terlihat kecenderungan Ganjar Pranowo yang mengarah pada representasi konstruksionis. Dimana tayangan tersebut tidak hanya menampilkan sebuah realitas atau mengekspresikan maksud dan tujuan dari figur Ganjar Pranowo saja, akan tetapi tayangan tersebut menunjukkan banyak simbol-simbol yang dapat membangun sebuah makna terkait identitas politik dari figur Ganjar Pranowo di dalam media yang memiliki kekuatan besar sehingga mudah membentuk persepsi masyarakat terhadapnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nanang Mizwar hasyim, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tayangan Azan, Representasi, Politik Identitas
Subjects: Komunikasi Sosial
Politik
Media massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Nur Hidayah, S.IP
Date Deposited: 13 Jun 2024 15:58
Last Modified: 13 Jun 2024 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65152

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum