EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI LATIHAN KERJA (UPTD BLK) BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Irma Setyari Nur Fadhilah, NIM.: 20102040094 (2024) EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI LATIHAN KERJA (UPTD BLK) BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI LATIHAN KERJA (UPTD BLK) BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PELATIHAN KERJA DI UNIT PELAKSANA TEKNIS DAERAH BALAI LATIHAN KERJA (UPTD BLK) BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
20102040094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya angka pengangguran di Kabupaten Bantul yang terjadi penurunan dari tahun 2021 sampai tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan UPTD BLK Disnakertrans Kab. Bantul dalam rangka mengatasi masalah pengangguran adalah dengan cara meningkatkan sumber daya manusia yang kompeten, dengan memberi bekal pengetahuan dan keterampilan. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi melalui uji keabsahan data kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependibitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kerja di UPTD BLK Bantul DIY dikatakan efektif dilihat dari indikator efektifitas pelatihan yaitu, yang pertama reaksi peserta terhadap instruktur menunjukkan peserta merasa puas dengan kinerja instruktur, pengalaman mengikuti pelatihan bermanfaat untuk jangka panjang dan fasilitas sudah cukup memadai. Kedua, proses belajar dalam pelatihan dikatakan efektif dilihat dari instruktur menggunakan kurikulum, sehingga capaian pembelajaran sesuai dan terstruktur. Ketiga, perubahan perilaku dapat dilihat setelah mengikuti pelatihan, perubahan perilakunya yaitu peserta menjadi lebih memahami mengenai pengetahuan dan keterampilan menjahit. Keempat, hasil dari pelatihan dapat diketahui dari kualiatas program pelatihan melalui peserta yang dinyatakan lulus mendapatkan sertifikat dan karya hasil praktek. Kelima, efektifitas biaya dapat diketahui dalam program ini dananya digunakan atau dihabiskan untuk belanja kebutuhan pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maryono, S. Ag. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Kerja, Manajemen, Penganguran
Subjects: Manajemen
Sumber Daya Manusia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jun 2024 14:51
Last Modified: 13 Jun 2024 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65159

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum