STRATEGI PENGORGANISASIAN BERBASIS KERELAWANAN OLEH LKS LU RAHARJA DALAM UPAYA PEMENUHAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI DESA KEDUNGKERIS GUNUNGKIDUL

Tasia Nada Laras Putri, NIM.: 20102050005 (2024) STRATEGI PENGORGANISASIAN BERBASIS KERELAWANAN OLEH LKS LU RAHARJA DALAM UPAYA PEMENUHAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI DESA KEDUNGKERIS GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENGORGANISASIAN BERBASIS KERELAWANAN OLEH LKS LU RAHARJA DALAM UPAYA PEMENUHAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI DESA KEDUNGKERIS GUNUNGKIDUL)
20102050005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENGORGANISASIAN BERBASIS KERELAWANAN OLEH LKS LU RAHARJA DALAM UPAYA PEMENUHAN KESEJAHTERAAN LANSIA DI DESA KEDUNGKERIS GUNUNGKIDUL)
20102050005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Desa Kedungkeris, Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu desa yag berada di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). DIY sendiri merupakan provinsi yang memiliki persentase Lanjut Usia ( Lansia ) tertinggi dibandingkan dengan propinsi lainnya. Data jumlah Lansia di DIY mencapai 16,02% dari jumlah total penduduknya. Sedangkan di Desa Kedungkeris memiliki lansia sebanyak 1.109 orang dengan persentase lansia 23,22 % dari total jumlah penduduk. Kondisi Lansia di Desa Kedungkeris terbagi menjadi lansia produktif dan non produktif. Adanya jumlah lansia yang sangat tinggi dan masih ditemukannya lansia yang bunuh diri di Desa Kedungkeris maka, terbentuklah sebuah lembaga kesejhteraan sosial lanjut usia yang diberi nama LKS LU Raharja sebagai wadah untuk pemenuhan kesejahteraan lansia yang memiliki strategi pengorganisasian dengan berbasis kerelawanan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pengorganisasian dengan berbasis kerelawanan dalam upaya pemenuhan kesejahteraan lansia yang dilakukan oleh LKS LU Raharja di Desa Kedungkeris. Penelitian ini bersifat deskripstif kualitatif. Teknik penentuan informan menggunakan mengunakan teknik kriteria. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan observasi,wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan yaitu menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, kemudian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan proses awal mula pengorganisasian dengan kerelawanan dan strategi yang digunakan dalam gerakan kerelawanan. Strategi tersebut dimulai sebelum terbentuknya LKS, setelah terbentuknya dan strategi keberlanjutan gerakan kerelawanan. Sedangkan dalam upaya pemenuhan kesejahteraan lansia, LKS LU Raharja berstrategi dengan cara pemenuhan kebutuhan baik dari fisiologis, kebutuhan rasa aman dan nyaman, kebutuhan cinta dan kasih sayang, kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Andayani, SIP,MSW
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengorganisasian, Relawan, Lansia, Pemenuhan, Kesejahteraan, LKS LU
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jun 2024 15:02
Last Modified: 13 Jun 2024 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum