KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT ZAIDUL AKBAR DI PODCAST HELMY YAHYA BICARA

Syarbella Ananda Putri, NIM.: 20102010007 (2024) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT ZAIDUL AKBAR DI PODCAST HELMY YAHYA BICARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT ZAIDUL AKBAR DI PODCAST HELMY YAHYA BICARA)
20102010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN POLA HIDUP SEHAT MENURUT ZAIDUL AKBAR DI PODCAST HELMY YAHYA BICARA)
20102010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pola hidup sehat menjadi pembahas penting yang bisa dikaji ilmunya dari perspektif agama dan kedokteran. Pandemi COVID-19 membuat banyak orang memperhatikan pola hidupnya. Youtube menjadi media strategis untuk mencari topik tersebut. Satu konten video podcast Helmy Yahya Berbicara ditonton banyak orang dibandingkan dengan topik lain. Dikarenakan mengundang Zaidul Akbar yang dikenal dengan dakwah pola hidup sehat ala Rasulullah. Hal ini menjadikan peneliti memutuskan menganalisa teknik-teknik persuasif yang digunakan oleh Zaidul Akbar. Hasil alanisa adanya penggunaan 5 teknik komunikasi persuasif milik Onong Unchjana Effendy. Terdapat teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik ganjaran, teknik tataan dan teknik red-herring. Tenik Ganjaran paling banyak digunakan Zaidul Akbar, beliau menjelaskan keuntungan, harapan, dan konsekuensi menjalani hidup sehat ala rasul. Zaidul Akbar banyak menjelaskan dan memberi arahan dengan menjanjikan keuntungan yang didapatkan sehingga timbul harapan. Menjelaskan konsekuensi buruk dan hukuman yang didapatkan jika tidak mengikuti penjelasan dari dakwahnya. Tataan bahasa membuat dakwah pola hidup sehatnya enak didengar dan memberi motivasi. Himbauan emosional digunakan beliau untuk menarik perhatian persuadee melalui agama dan ilmu kedokteran. Dan beliau memposisikan diri setara dengan persuadee dengan kata “kita”. Dakwah dilakukan dengan cara Bil Hikmah sehingga membuat persuadee menjadikan dakwahnya sebagai rujukan hidup sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi Persuasif, Pola Hidup Sehat
Subjects: Gaya Hidup
Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Nur Hidayah, S.IP
Date Deposited: 14 Jun 2024 13:43
Last Modified: 14 Jun 2024 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum