PENGARUH RASA KESEPIAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA LANJUT USIA DI ORGANISASI SOSIAL LANJUT USIA MELATI KABUPATEN SLEMAN

Salma Hanif Rohadatul ‘Aisy, NIM.: 20102050080 (2024) PENGARUH RASA KESEPIAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA LANJUT USIA DI ORGANISASI SOSIAL LANJUT USIA MELATI KABUPATEN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RASA KESEPIAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA LANJUT USIA DI ORGANISASI SOSIAL LANJUT USIA MELATI KABUPATEN SLEMAN)
20102050080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RASA KESEPIAN TERHADAP TINGKAT KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA LANJUT USIA DI ORGANISASI SOSIAL LANJUT USIA MELATI KABUPATEN SLEMAN)
20102050080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada lansia sangat beragam, salah satunya permasalahan kesepian, masalah kesepian dapat memberikan imbas pada taraf hidup dan kesejateraan psikologis lansia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Responden pada penelitian ini adalah 65 lanjut usia yang berusia 60-80 tahun dengan keseluruhan populasi 100 lansia. Penelitian ini menggunakan sampling, metode purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kesepian, dan variable dependen adalah kesejahteraan psikologis. Proses mengumpulkan data di dalam penelitian ini menggunakan kuisioner UCLA Loneliness Scale Version 3 oleh Russel 1996 dan Scale of Pshycological Well-Being oleh Ryff (1989), kemudian dianalisis menggunakan uji statistik Non Parametrik yaitu Rank Spearman dengan tingkat signifikansi p > 0,05. Hasil dari penelitian ini menampilkan bahwa nilai p = 0,391, hasil ini menampilkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari perasaan kesepian terhadap kesejahteraan psikologis. Dalam penelitian ini dengan hasil yang didapatkan dapat diketaui bahwa lansia di Organisasi Sosial Lanjut Usia Melati ini memiliki tingkat kesepian sedang dengan tingkat kesejahteraan psikologis yang tinggi. Hal ini dapat terjadi karena sebagian lansia masih tinggal bersama anak dan keluarganya, sehingga masih mendapatkan dukungan sosial dari anggota keluarganya, temuan ini sesuai dengan penelitian terbaru dari Ivanca C, yang menyebutkan bahwa tidak adanya hubungan antara kesepian dengan kesejahteraan psikologis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Fajriyah Prahastuti, S.Psi., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kesepian, Kesejahteraan Psikologis, Lansia
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 13 Jun 2024 15:23
Last Modified: 13 Jun 2024 15:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum