DETERMINAN MINAT MASYARAKAT BERWAKAF MELALUI CASH WAQF LINKED SUKUK (CWLS) DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Anindhia Salsabila, NIM.: 21208011035 (2024) DETERMINAN MINAT MASYARAKAT BERWAKAF MELALUI CASH WAQF LINKED SUKUK (CWLS) DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN MINAT MASYARAKAT BERWAKAF MELALUI CASH WAQF LINKED SUKUK (CWLS) DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
21208011035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN MINAT MASYARAKAT BERWAKAF MELALUI CASH WAQF LINKED SUKUK (CWLS) DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI)
21208011035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi minat masyarakat berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Model yang dibangun melibatkan lima variabel penjelas, satu variabel perantara, dan satu variabel terikat. Variabel yang memiliki posisi sebagai variabel penjelas adalah sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku, pendapatan dan literasi wakaf. Variabel yang berperan sebagai variabel moderasi adalah variabel religiusitas. Selanjutnya, variabel yang berperan sebagai variabel terikat adalah minat masyarakat berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Data yang digunakan adalah data primer, kuantitatif, dan cross-section. Data dikumpulkan dari 82 responden dengan menyebar kuesioner yang menggunakan skala likert dengan lima pilihan jawaban. Analisis data dilakukan dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hubungan yang diuji ada dua, yaitu hubungan pengukuran dan hubungan struktural. Hasil penelitian ini menenunjukan pengaruh signifikan adalah pengaruh sikap, norma subjektif, persepsi kontrol perilaku dan pendapatan terhadap minat masyarakat berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk. Selanjutnya, dengan menginteraksikan pengaruh langsung, diperoleh pengaruh tidak langsung yaitu variabel literasi terhadap minat masyarakat berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk. Variabel religiusitas adalah mediator yang tidak signifikan antara variabel pendapatan terhadap minat masyarakat berwakaf melalui Cash Waqf Linked Sukuk.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ruspita Rani Pertiwi, MM
Uncontrolled Keywords: CWLS; Interest; TPB; Waqf Literacy
Subjects: Ekonomi Syariah
Wakaf
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 14 Jun 2024 14:01
Last Modified: 14 Jun 2024 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65182

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum