HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DIFABEL TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Assyifa El Fikri, NIM.: 17107010097 (2024) HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DIFABEL TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DIFABEL TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17107010097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DENGAN KECEMASAN KOMUNIKASI PADA MAHASISWA DIFABEL TULI DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
17107010097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kecemasan komunikasi pada mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berdampak pada terhambatnya komunikasi. Hal ini disebabkan oleh hasil komunikasi yang menjadi tidak tercapai karena proses pertukaran pesan yang tidak efektif. Terbatasnya kemampuan mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk berkomunikasi dapat berdampak pada keterampilan bahasa, menulis, membaca, dan penyesuaian diri. Salah satu dampak kecemasan komunikasi pada mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta adalah penyesuaian diri. Penyesuaian diri merupakan salah satu dari faktor yang berkaitan dengan kecemasan komunikasi menurut para ahli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penyesuaian diri dengan kecemasan komunikasi pada mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan pada 30 orang mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menggunakan teknik total sampling. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah analisis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan pengukuran berdasarkan skala likert. Metode analisis data yang dipakai untuk menganalisis hasil penelitian yaitu analisis korelasi dengan teknik analisis pengujian hipotesis menggunakan Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan negatif antara penyesuaian diri dengan kecemasan komunikasi mahasiswa difabel tuli di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil analisis statistik korelasi parametric Pearson One Tailed yang menunjukkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar -0,823 dengan signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif variabel penyesuaian diri terhadap variabel kecemasan komunikasi sebesar 67,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Lisnawati, S.Psi., M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Self-Adjustment; Communication Apprehension; Deaf Disable
Subjects: Psikologi
DISABILITAS
Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Psikologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jun 2024 10:06
Last Modified: 19 Jun 2024 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65205

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum