KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DIFABEL TULI (Studi Deskriptif di SLB Negeri 2 Bantul Yogyakarta)

Naufal Achmad Albani, NIM.: 20107030149 (2024) KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DIFABEL TULI (Studi Deskriptif di SLB Negeri 2 Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DIFABEL TULI (Studi Deskriptif Di SLB Negeri 2 Bantul Yogyakarta))
20107030149_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DIFABEL TULI (Studi Deskriptif Di SLB Negeri 2 Bantul Yogyakarta))
20107030149_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi merupakan suatu hal yang penting bagi manusia baik dilakukan secara verbal ataupun nonverbal. Komunikasi nonverbal merupakan penguat makna dari komunikasi verbal. Komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh difabel tuli/tuna rungu biasanya menggunakan komunikasi komtal (komunikasi total) yaitu penggabungan antara bahasa verbal (oral) dan bahasa isyarat yang berfungsi sebagai penguat makna dari bahasa oral. Peneliti tertarik untuk mengetahui komunikasi interpersonal guru kepada siswa difabel tuli kelas 1 SDLB dan kelas 7 SMPLB di Sekolah Luar Biasa Negeri 2 Bantul Yogyakarta, sesuai dengan judul yang akan diulas oleh peneliti yaitu komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan minat belajar siswa difabel tuli di SLBN 2 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana komunikasi interpersonal guru dalam meningkatkan minat belajar siswa difabel tuli dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas, dengan harapan dapat memberikan kontribusi dalam perkembangan kajian komunikasi interpersonal guru dan siswa difabel tuli secara verbal ataupun nonverbal dan dapat menjadi referensi untuk penelitian yang sama di masa mendatang. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat konsep komunikasi interpersonal sebagai upaya yang bisa dilakukan oleh guru dalam meningkatkan minat belajar siswa difabel tuli berdasarkan pada beberapa indikator yang meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif dan kesetaraan. Indikator indikator tersebut bertujuan untuk menghasilkan peningkatan minat belajar peserta didik dengan berdasarkan pada indikator indikator yang meliputi perasaan senang, keterlibatan siswa, perhatian siswa dan ketertarikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing:Dr. Bono Setyo, M.A.
Uncontrolled Keywords: interpersonal communication; learning interest; ABK; tuna rungu
Subjects: Ilmu Komunikasi
DISABILITAS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Jun 2024 15:01
Last Modified: 19 Jun 2024 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum