KOMUNIKASI KELOMPOK FORUM KEGIATAN KEMUSLIMAHAN AL-ATSARI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANGGOTA

Siti Zaida Hanum, NIM.: 22202011013 (2024) KOMUNIKASI KELOMPOK FORUM KEGIATAN KEMUSLIMAHAN AL-ATSARI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANGGOTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI KELOMPOK FORUM KEGIATAN KEMUSLIMAHAN AL-ATSARI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANGGOTA)
22202011013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI KELOMPOK FORUM KEGIATAN KEMUSLIMAHAN AL-ATSARI YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS ANGGOTA)
22202011013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari (FKKA) Yogyakarta merupakan sebuah komunitas di dalam divisi Kemuslimahan di Yayasan Pendidikan Islam Al-Atsari Yogyakarta (YPIA). Salah satu tujuannya adalah sebagai wadah untuk mahasiswi yang berperan aktif dalam menyebarkan dakwah Islam khususnya muslimah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berupa field research (Penelitian Lapangan). Unit analisis yang dilakukan penelitian berupa komunikasi kelompok pada Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari (FKKA) Yogyakarta dalam meningkatkan religiusitas anggota. Teori yang digunakan berupa teori komunikasi kelompok milik Homans, teori pembinaan keagamaan milik Ahmad Mariamba, dan teori religiusitas milik Glock dan Stark. Penelitian ini menggunakan pendekatan Studi kasus Creswell metode pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan komunikasi kelompok Forum Kegiatan Kemuslimahan Al-Atsari (FKKA) Yogyakarta telah mengambil langkah yang tepat dalam meningkatkan religiusitas anggota yakni dengan melakukan program : Kajian Rutin Muslimah (Karumah), Muslimah Mengaji, Halaqoh Al-Quran, hafalan Al-quran, dan hafalan doa-doa sehari, dan pembinaan keagamaan berupa pembiasaan yang diterapkan di FKKA berupa keteladanan, latihan, hadiah, larangan dan hukuman terhadap anggota FKKA.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: DR. H. M. Kholili, M.Si
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Kelompok; Pembinaan Keagamaan; Religiusitas
Subjects: Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Nur Hidayah, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2024 15:17
Last Modified: 20 Jun 2024 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65227

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum