STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI LAZISMU DIY DALAM MENGHIMPUN DANA ZISKA TAHUN 2023

Rizka Adhi Setia, NIM.: 22202011025 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI LAZISMU DIY DALAM MENGHIMPUN DANA ZISKA TAHUN 2023. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI LAZISMU DIY DALAM MENGHIMPUN DANA ZISKA TAHUN 2023)
22202011025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI LAZISMU DIY DALAM MENGHIMPUN DANA ZISKA TAHUN 2023)
22202011025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Ada banyak lembaga fundraising yang berhasil mengumpulkan dana yang besar, salah satunya Lazismu DIY. Lazismu DIY merupakan lembaga fundarising yang bertugas menggalang dana ziska (Zakat, Infak, Shadaqoh dan dana sosial kemanusiaan lainnya) baik dari perorangan, kelompok, perusahaan, maupun lembaga. Pada tahun 2023 Lazismu DIY berhasil mengumpulkan dana ziska sebanyak 45 miliar rupiah. Hal ini membuat penulis tertarik untuk mengetahui lebih jauh bagaimana strategi komunikasi organisasi Lazismu DIY dalam menghimpun dana ziska tahun 2023 sehingga mampu mengumpulkan dana fundrising yang sangat banyak, serta bagaimana strategi Lazismu DIY mengelola media massa sehingga dapat mensukseskan komunikasi organisasinya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun subyek dalam penelitian ini meliputi, bagian keuangan, pengurus, tim media dan fundraising, serta donatur Lazismu DIY. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi Lazismu DIY dalam menghimpun dana ziska tahun 2023 sehingga dapat mengumpulkan dana yang cukup banyak dengan menggunakan dua strategi komunikasi, pertama, meraih simpati khayalak yang dilakukan dengan berbagai cara seperti mengunjungi dan menemui pimpinan perusahan atau lembaga untuk menyodorkan proposal kegiatan, dan mengedukasi dan memotivasi khalayak melalui konten yang diterbitkan di akun media sosial yang dimilikinya; kedua, membangun kepercayaan masyarakat yang dilakukan dengan cara mempublikasi kegiatan penyaluran dana ziska, audit lporan keuangan, dan memenuhi keinginan muzakki. Lazismu DIY mampu mengelola medianya dengan baik dengan cara selalu menerbitkan konten pada akun-akun media sosialnya dan juga melakukan kerjasama dengan pers lain untuk menerbitkan berita mengenai penyaluran dana, sehingga dengan cara seperti itu banyak khalayak yang termotivasi untuk menyalurkan ZIS nya kepada mereka.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Organisasi; Zakat, Fundraising; Mengelola Media
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Ekonomi Syariah
Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam (S-2)
Depositing User: Nur Hidayah, S.IP
Date Deposited: 20 Jun 2024 15:18
Last Modified: 20 Jun 2024 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65229

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum