PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ORGANISASI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AISYIYAH PATANGPULUHAN YOGYAKARTA

Adik Ajeng Machya Lubna Savitri, NIM.: 18102040102 (2024) PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ORGANISASI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AISYIYAH PATANGPULUHAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ORGANISASI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AISYIYAH PATANGPULUHAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
18102040102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS ORGANISASI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AISYIYAH PATANGPULUHAN YOGYAKARTA SKRIPSI)
18102040102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) melibatkan berbagai kegiatan mulai dari perencanaan, perekrutan, pelatihan, pengembangan, hingga pengendalian SDM agar sesuai dengan visi, misi, dan tujuan organisasi. Dengan pengelolaan SDM yang efektif, organisasi dapat mengoptimalkan potensi karyawan, meningkatkan kinerja, dan mencapai keberhasilan jangka panjang. Efektivitas suatu organisasi dipengaruhi oleh empat faktor utama: keterlibatan anggota, adaptasi terhadap perubahan, kejelasan misi, dan konsistensi dalam kebijakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana analisis pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas organisasi di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Aisyiyah Patangpuluhan Yogyakarta. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sumber daya manusia dalam meningkatkan efektivitas organisasi di TPA Aisyiyah Patangpuluhan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pengelolaan sumber daya manusia (SDM) di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) Aisyiyah Patangpuluhan berhasil meningkatkan efektivitas organisasi secara keseluruhan. Metode Job Analysis and Design yang diterapkan, perencanaan SDM yang terarah, keterlibatan aktif dalam rekrutmen dan seleksi karyawan, serta komitmen terhadap pelatihan dan pengembangan karyawan menjadi faktor kunci dalam mencapai hal ini. Partisipasi anggota organisasi dalam pengambilan keputusan terkait kompensasi dan perlindungan juga mencerminkan keterlibatan yang kuat dalam mengelola SDM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rosyid Ridla, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Pengelolaan SDM; Efektivitas Organisasi; TPA Aisyiyah Patangpuluhan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 20 Jun 2024 15:22
Last Modified: 20 Jun 2024 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum