STRATEGI PEREMPUAN JANDA DALAM MEMPERTAHANKAN EKONOMI KELUARGA Di Dusun Pringgolayan Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta

Muhammad Ridho Al Gifari, NIM.: 20107020020 (2024) STRATEGI PEREMPUAN JANDA DALAM MEMPERTAHANKAN EKONOMI KELUARGA Di Dusun Pringgolayan Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEREMPUAN JANDA DALAM MEMPERTAHANKAN EKONOMI KELUARGA Di Dusun Pringgolayan Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta)
20107020020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEREMPUAN JANDA DALAM MEMPERTAHANKAN EKONOMI KELUARGA Di Dusun Pringgolayan Kecamatan Banguntapan Bantul Yogyakarta)
20107020020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan janda merupakan seorang yang salah satu pasangannya ditinggal mati atau proses perceraian yang menjadikannya kepala keluarga tunggal. Sehingga, mempunyai peran sebagai ibu rumah tangga dan sebagai kepala keluarga dalam mencari nafkah untuk keluarganya. Potensi yang dimiliki oleh perempuan janda dimanfaatkan dengan adanya bantuan dari masyarakat Dusun Pringgolayan yang ditopang oleh program dari pemerintah maupun dinas tertentu. Tempat penelitian yang dilakukan penulis bertempat di Dusun Pringgolayan RT 02 Banguntapan, Bantul Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi mencari nafkah perempuan janda dalam meningkatkan perekonomian keluarga yang didukung oleh masyarakat, pemerintah, dan dinas tertentu dalam memfasilitasi pengembangan diri dan memenuhi kebutuhan pokok serta melatih kemandirian dengan membuka usaha yang bergerak di bidang Unit Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang menjelaskan mengenai bagaimana proses perempuan janda dalam strateginya mencari pemasukan dengan bekerja dimana sebelumnya tidak bekerja karena masih ada suami yang memiliki tanggung jawab tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi yang berfungsi untuk memberikan sebuah jawaban sekaligus suatu penyelesaian permasalahan yang sedang dihadapi oleh perempuan janda dalam strateginya mempertahankan ekonomi di keluarga. Data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teori modal sosial Putnam (2001) dengan tiga unsurnya, yaitu kepercayaan (trust), norma (norm), dan jaringan (network). Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya modal sosial dan dukungan serta kontribusi masyarakat terhadap kekurangan serta tantangan terhadap perempuan janda dalam bertahan hidup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bentuk modal sosial terdiri dari Kepercayann (trust), Norma (norm), Jaringan (network). Seperti membangun kepercayaan di lingkungan sekitar dengan diikuti peraturan atau norma timbal balik antara perempuan janda dengan masyarakat Dusun Pringgolayan yang berjalan dengan baik serta jaringan sosial yang berjalan dengan semestinya antara perangkat desa, pemerintah dengan masyarakat terutama perempuan janda dalam mencari penghasilan ekonomi keluarganya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S. Sos, M.A.
Uncontrolled Keywords: perempuan janda; modal sosial; UMKM
Subjects: Keluarga Sejahtera
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:30
Last Modified: 24 Jun 2024 08:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65264

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum