PEMODELAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN IPM DI INDONESIA DENGAN 2SLS (TWO STAGE LEAST SQUARE) PADA PERSAMAAN SIMULTAN DATA PANEL

Risma Nur Fadillah, NIM.: 20106010049 (2024) PEMODELAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN IPM DI INDONESIA DENGAN 2SLS (TWO STAGE LEAST SQUARE) PADA PERSAMAAN SIMULTAN DATA PANEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMODELAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN IPM DI INDONESIA DENGAN 2SLS (TWO STAGE LEAST SQUARE) PADA PERSAMAAN SIMULTAN DATA PANEL)
20106010049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMODELAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN IPM DI INDONESIA DENGAN 2SLS (TWO STAGE LEAST SQUARE) PADA PERSAMAAN SIMULTAN DATA PANEL)
20106010049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Persamaan tunggal tidak cukup mengakomodasi hubungan dua arah variabel. Dalam kasus ekonomi misalnya, sering ditemui variabel yang memiliki hubungan dua arah atau saling mempengaruhi. Di Indonesia pertumbuhan ekonomi dapat berpengaruh terhadap Indeks Pembangunan Manusia, di sisi lain Indeks Pembangunan Manusia juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Model yang dapat mengakomodasi hubungan dua arah tersebut dinamakan dengan model persamaan simultan. Analisis pertumbuhan ekonomi dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), memerlukan pemanfaatan data panel guna menganalisis dinamika hubungan antara variabel-variabel ekonomi di berbagai daerah observasi sepanjang waktu yang relevan. Data panel sendiri memiliki kelebihan diantaranya mampu mengindentifikasi dan mengukur efek - efek yang tidak dapat dideteksi pada cross section dan times series. Teknik estimasi yang digunakan dalam persamaan simultan data panel adalah Two-Stage Least Square (2SLS) karena adanya hubungan antara variabel endogen eksplanatori dengan variabel error sehingga OLS tidak dapat digunakan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahwa terdapat hubungan simultan antara pertumbuhan ekonomi dan indeks pembangunan manusia. Jika IPM mengalami kenaikan nilai 1, maka PDRB akan mengalami peningkatan sebesar 15237. Jika PDRB mengalami kenaikan nilai 1, maka IPM akan mengalami peningkatan sebesar 9; 5388x10

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Panel Data; Human Development Index (HDI); Simultaneous;Two Stage Least Square (TSLS).
Subjects: Ekonomi
Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jun 2024 13:58
Last Modified: 24 Jun 2024 13:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65277

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum