ANALISIS PERENCANAAN FASILITAS KERJA OPERATOR PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS CV MANGGALA GLOVES)

Azi Syah Perdana, NIM.: 20106060009 (2024) ANALISIS PERENCANAAN FASILITAS KERJA OPERATOR PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS CV MANGGALA GLOVES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERENCANAAN FASILITAS KERJA OPERATOR PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS CV MANGGALA GLOVES))
20106060009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERENCANAAN FASILITAS KERJA OPERATOR PRODUKSI DENGAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DAN PRINSIP ERGONOMI (STUDI KASUS CV MANGGALA GLOVES))
20106060009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perencanaan sistem kerja, sangat krusial untuk memperhatikan aspek-aspek pergerakan yang dilakukan oleh operator. Hal ini ditekankan karena lingkungan kerja yang tidak ergonomis sering kali menyebabkan keluhan penyakit muskuloskeletal (MSDs) di antara pekerja. CV Manggala Gloves merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sarung tangan golf di Yogyakarta. Para operator perusahaan seringkali kurang memenuhi jam kerja mereka dikarenakan keluhan rasa nyeri pada beberapa bagian anggota tubuh. Dalam hal ini, perusahaan dapat memerhatikan fasilitas kerja operator khususnya kenyamanan kursi operator. Berdasarkan analisis Quality Function Deployment (QFD) yang telah dilakukan, perancangan desain kursi dengan atribut kebutuhan operator yang paling prioritas adalah alas duduk kursi yang nyaman sehingga bahan yang digunakan sebagai alas duduk kursi dapat berupa busa. Dengan menerapkan konsep antropometri, diperoleh ukuran tinggi kursi yaitu 97 cm yang dibagi menjadi 2, yaitu bagian atas dan bagian kaki kursi. Bagian atas memiliki panjang 63 cm berdasarkan persentil 95 pada dimensi tinggi bahu. Bagian kaki kursi memiliki panjang 34 cm berdasarkan persentil 5 pada dimensi tinggi popliteal. Pada bagian alas duduk, lebar alas duduk sebesar 40 cm berdasarkan ukuran persentil 95 pada dimensi lebar pinggul dan panjang alas duduk sebesar 47 cm berdasarkan ukuran persentil 95 pada dimensi panjang popliteal. Sementara itu, pada bagian sandaran kursi saat duduk memiliki lebar sebesar 47 cm berdasarkan ukuran persentil 95 pada dimensi lebar bahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing; Dr. Ir. Ira Setyaningsih, S.T., M.Sc, IPM, ASEAN Eng.
Uncontrolled Keywords: MSDs; QFD; Ergonomy; Anthropometry; Body Dimension
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:22
Last Modified: 24 Jun 2024 14:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum