EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PADA MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII MAN 2 KLATEN

Febrilia Dwi Utami, NIM.: 20102020026 (2024) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PADA MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII MAN 2 KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PADA MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII MAN 2 KLATEN)
20102020026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR BERBASIS PADA MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA SISWA KELAS XII MAN 2 KLATEN)
20102020026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perencanaan karir yang rendah cukup menyulitkan bagi siswa untuk membuat keputusan karir. Maka dari itu siswa siswa harus memilih dengan cermat mengenai rencana karir yang jelas dan terarah. Upaya yang dapat dilakukan dan dianggap mampu untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir adalah layanan bimbingan karir yang diberilkan oleh guru BK di sekolah kepada siswa agar siswa mampu merencanakan karir dan mengambil keputusan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan karir untuk meningkatkan pengambilan keputusan karir pada siswa kelas XII di MAN 2 Klaten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah 34 siswa dan subjek penelitian berjumlah 13 orang siswa kelas XII MAN 2 Klaten yang memiliki tingkat pengambilan keputusan karir rendah dan sangat rendah. Instrumen data yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala pengambilan keputusan karir. Analisis data menggunakan uji wilcoxon signed ranks test dengan bantuan program IBM SPSS for Windows. Nilai uji wilcoxon signed ranks test menunjukkan Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0.001<0.05 yang artinya Hɑ diterima artinya layanan bimbingan karir efektif dilakukan. Dari hasil penelitian didapatkan nilai pretest sebesar 128,38 dan nilai posttest sebesar 162,15. Layanan bimbingan karir bagi siswa dapat membantu siswa dalam mengambil keputusan karir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nur Fitriyani Hardi, M.Psi.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir, Keputusan Karir, Siswa
Subjects: Bimbingan Konseling
Profesi > Karir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2024 14:50
Last Modified: 24 Jun 2024 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum