PEMBERDAYAAN DIFABEL OLEH MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PIMPINAN PUSAT (MPM PP) MUHAMMADIYAH MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM BANGUN AKSES KEMANDIRIAN (KSP BANK) DIFABEL SLEMAN

Revika Arnita Sari, NIM.: 20102050076 (2024) PEMBERDAYAAN DIFABEL OLEH MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PIMPINAN PUSAT (MPM PP) MUHAMMADIYAH MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM BANGUN AKSES KEMANDIRIAN (KSP BANK) DIFABEL SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL OLEH MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PIMPINAN PUSAT (MPM PP) MUHAMMADIYAH MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM BANGUN AKSES KEMANDIRIAN (KSP BANK) DIFABEL SLEMAN)
20102050076_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN DIFABEL OLEH MAJELIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PIMPINAN PUSAT (MPM PP) MUHAMMADIYAH MELALUI KOPERASI SIMPAN PINJAM BANGUN AKSES KEMANDIRIAN (KSP BANK) DIFABEL SLEMAN)
20102050076_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Upaya pemberdayaan difabel dapat dilakukan oleh berbagai komponen masyarakat seperti komunitas, organisasi maupun lembaga pemberdayaan masyarakat lainnya. Salah satu komponen masyarakat yang melakukan praktik baik pemberdayaan terhadap difabel adalah lembaga non pemerintah Majelis Pemberdayaan Masyarakat Pimpinan Pusat (MPM PP) Muhammadiyah terhadap para difabel di Ngaglik, Sleman. Pemberdayaan tersebut menghasilkan output berupa terbentuknya Koperasi Simpan Pinjam Bangun Akses Kemandirian (KSP BANK) Difabel sebagai wadah bagi para difabel di sana yang mengalami permasalahan kesulitan mendapatkan akses permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemberdayaan difabel yang dilakukan oleh MPM PP Muhammadiyah melalui pendirian Koperasi Simpan Pinjam (KSP). Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik pengumpulan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik snowball sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh orang, terdiri dari pihak yang diberdayakan yaitu pengawas, pengurus dan anggota KSP BANK Difabel berjumlah tujuh orang dan dari pihak yang memberdayakan yaitu fasilitator MPM PP Muhammadiyah berjumlah tiga orang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberdayaan difabel yang dilakukan MPM PP Muhammadiyah melalui serangkaian tahapan yaitu tahap problem posing (pemaparan masalah), problem analysis (analisis masalah), penentuan tujuan (aims) dan sasaran (objectives), action plans (perencanaan tindakan), pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Tahapan tersebut didukung dengan tahapan pemberdayaan lainnya yaitu tahap penyadaran dan pembentukan perilaku, tahap transformasi kemampuan, dan tahap peningkatan kemampuan intelektual. Selain itu, MPM juga menerapkan prinsip kesetaraan, partisipatif, keswadayaan dan kemandirian, serta keberlanjutan untuk mencapai hasil pemberdayaaan yang lebih optimal. Dengan demikian, pemberdayaan difabel yang dilakukan oleh MPM dapat memenuhi hak-hak para difabel di sana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Arif Maftuhin, M.Ag., M.A.I.S
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Difabel, MPM PP Muhammadiyah, KSP BANK Difabel.
Subjects: DISABILITAS
Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jun 2024 15:05
Last Modified: 24 Jun 2024 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65294

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum