ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU (STUDI KOMPARATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM)

Devy Novia Sari, NIM.: 19103060045 (2024) ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU (STUDI KOMPARATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU (STUDI KOMPARATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
19103060045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA EKSONERASI DALAM PERJANJIAN BAKU (STUDI KOMPARATIF HUKUM POSITIF DAN HUKUM ISLAM))
19103060045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Adanya kebebasan bagi para pihak untuk menentukan isi dari perjanjian dimaksudkan bahwa semua pihak memililik kedudukan yang sama dan seimbang. Penuangan klausula eksonerasi dalam suatu perjanjian dapat menimbulkan ketidakseimbangan bagi salah satu pihak, khususnya bagi konsumen. Undang- Undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen mengatur bahwa apabila suatu perjanjian yang mengandung klausula eksonerasi berakibat batal demi hukum, hal tersebut di harapkan dapat menjadi payung hukum perlindungan bagi konsumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (statue aproach) dan konseptual. Dalam hal Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kepustakaan. Hasil dari penelitian ini yaitu pada dasarnya penerapan klausula eksonerasi dalam perjanjian dilarang dalam undang-undang dan bentuk perlindungan konsumen terhadap penerapan klausula eksonerasi adalah pembatalan perjanjian sehingga konsumen tidak memiliki keterikatan perjanjian yang memberatkan serta akibat hukum dari pencantuman klausula eksonerasi adalah sanksi ganti rugi sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Annisa Dian Arini, M.H.
Uncontrolled Keywords: kontrak; klausula eksonerasi; perlindungan konsumen; akad wadi'ah
Subjects: Ilmu Hukum > Perlindungan Konsumen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jun 2024 09:48
Last Modified: 25 Jun 2024 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65315

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum