PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DI KABUPATEN MAGELANG

Iqbal Galin Addintomo, NIM.: 20103040069 (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DI KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DI KABUPATEN MAGELANG)
20103040069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KERUGIAN KONSUMEN ATAS TRANSAKSI JUAL BELI ONLINE MELALUI MARKETPLACE FACEBOOK DI KABUPATEN MAGELANG)
20103040069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada era globalisasi saat ini banyak kegiatan yang dilakukan dengan cara yang lebih gampang dengan memanfaatkan teknologi seperti jual beli online. Salah satu platfrom belanja online yang sekaligus sebagai media sosial yaitu Marketplace Facebook. Hak-hak konsumen telah dilindungi oleh pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) dan Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 jo. UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta pelaku usaha sudah memberikan jaminan hak konsumen melalui kontrak elektronik, masih banyak terjadi kasus kerugian barang yang dialami oleh konsumen. Konsumen sering mendapatkan barang yang tidak sesuai yang disebabkan karena pelaku usaha dan konsumen tidak dapat bertatap muka langsung dan hanya bermodal kepercayaan saja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen atas transaksi jual beli online yang dilakukan dengan pelaku usaha melalui Marketplace Facebook dan pertanggungjawaban pelaku usaha ketika terjadi kerugian produk yang didapatkan oleh konsumen Marketplace Facebook. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan yuridis empiris. Sifat penelitian adalah deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penulisan ini didapatkan dengan cara wawancara dan studi pustaka. Analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dan menarik kesimpulan secara deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kerugian yang dialami oleh konsumen Marketplace Facebook yaitu seperti barang yang didapatkan tidak sesuai deskripsi, barang yang didapatkan salah, barang yang didapatkan tidak berfungsi, barang yang didapatkan rusak dan barang yang didapatkan kurang. Berdasarkan dari bentuk kerugian tersebut hak-hak konsumen telah dilanggar. (2) Bentuk pertanggungjawaban pelaku usaha kepada konsumen Marketplace Facebook dapat didapatkan jika prosedur dapat dilaksanakan dan alasan yang diberikan jelas. Akan tetapi, pihak Facebook tidak memberikan jaminan keamanan yang jelas sehingga hak-hak konsumen belum terpenuhi serta masih banyak pelaku usaha yang tidak bertanggungjawab dengan mengabaikan komplain dari konsumen, menyalahkan jasa kirim dan tidak menaati peraturan sesuai dengan UUPK.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Faisal Luqman Hakim, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Facebook Marketplace Consumer; loss; consumer protection; jual beli; pelaku usaha
Subjects: Ilmu Hukum > Perlindungan Konsumen
Hukum Islam > Jual Beli dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Jun 2024 11:24
Last Modified: 25 Jun 2024 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65320

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum