TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP KEDUDUKAN ANAK AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN SEPERSUSUAN (Studi Putusan Nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk)

Muhammad Raja Danial, NIM.: 20103050062 (2024) TINJAUAN MASLAHAH MURSALAH TERHADAP KEDUDUKAN ANAK AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN SEPERSUSUAN (Studi Putusan Nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN MAS{LAH}AH MURSALAH TERHADAP KEDUDUKAN ANAK AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN SEPERSUSUAN (Studi Putusan Nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk))
20103050062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN MAS{LAH}AH MURSALAH TERHADAP KEDUDUKAN ANAK AKIBAT PEMBATALAN PERKAWINAN SEPERSUSUAN (Studi Putusan Nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk))
20103050062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkawinan sepersusuan merupakan suatu hal yang dilarang oleh agama maupun negara. Namun, seiring berkembangnya zaman penyimpangan tersebut bisa terjadi secara sengaja maupun tidak sengaja yang mengakibatkan perkawinannya harus dibatalkan. Terlepas dari persoalan perkawinan sepersusuan yang dibatalkan, yang perlu diperhatikan adalah anak yang lahir akibat perkawinan tersebut. Pada dasarnya tidak ada seorang pun yang lahir di dunia ini telah memiliki dosa dan tidak ada dosa turunan. Secara biologis pun tidak ada seorang pun anak terlahir tanpa memiliki hubungan dengan ayahnya. Hal ini tergambar dalam putusan nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk yang mana telah lahir seorang anak dari perkawinan sepersusuan yang batal demi hukum. Persoalan tersebut akan di teliti mengenai pertimbangan hakim terhadap kedudukan anak tersebut dan ditinjau secara mas}lah}ah mursalah terhadap jalur nasab si anak. Penelitian ini menggunakan teori keadilan, kemanfaatan, kepastian hukum dan maslahah mursalah untuk menganalisis data yang telah diperolah. Kemudian, jenis penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian pustaka atau library research yang bersifat deskriptif-analitik. Sumber data pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara kepustakaan. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Kemudian data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan yuridis-normatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh dua kesimpulan. Pertama, majelis hakim dalam pertimbangannya menganggap anak yang dilahirkan pada putusan nomor 3366/Pdt.G/2020/PA.Dpk merupakan anak sah. hal ini merujuk pada UUP dan KHI. Kedua, berdasarkan tinjauan mas}lah}ah mursalah, penetapan nasab anak kepada ayah kandungnya akibat pembatalan perkawinan sepersusuan termasuk kedalam rangka menjaga nasab dan memelihara kemurnian nasab (hifz} an-nasl).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Muna Hayati, M.H.I.
Uncontrolled Keywords: hak anak; cousin marriage; annulment of marriage; position of children
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jun 2024 10:42
Last Modified: 26 Jun 2024 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65334

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum