KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KITAB QURRAH AL-‘UYŪN (STUDI KASUS PASANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)

Khoirul Huda, NIM.: 20103050065 (2024) KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KITAB QURRAH AL-‘UYŪN (STUDI KASUS PASANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KITAB QURRAH AL-‘UYŪN (STUDI KASUS PASANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
20103050065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM KITAB QURRAH AL-‘UYŪN (STUDI KASUS PASANGAN SANTRI DI PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA))
20103050065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga sakinah merupakan dambaan bagi setiap keluarga. Bagi pasangan suami istri santri tentunya berbeda dengan yang bukan latar belakang santri dalam berkeluarga. Demikian juga perwujudan keluarga sakinah bagi santri memiliki perbedaan karena adanya pendidikan agama. Di antara pendidikan tersebut yakni adanya pembelajaran bagi santri tentang kitab Qurrah al-Uyūn yang tentunya akan berdampak bagi pembentukan keluarga sakinah bagi pasangan santri. Sebagai contoh bagaimana memahami dan menjalankan hak-hak kewajiban suami istri. Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta merupakan salah satu pesantren yang mengajarkan kitab Qurrah al-Uyūn. Menariknya, dalam tatanan praktis di pondok ini juga terjadi pernikahan antar santri. Hal ini menjadi latar belakang penyusun mengkaji bagaimana konsep keluarga sakinah sesuai judul penelitian ini. Penyusun menggambarkan realita yang ada tentang konsep keluarga sakinah bagi santri pondok pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yang terindikasi tercipta ketentraman dalam keluarga. Santri-santri di pesantren ini berkeluarga dengan sesama santri sehingga suami maupun istri telah mempunyai bekal pengetahuan ajaran agama yang diajarkan di kurikulum pembelajaran pesantren. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode deskriptif analisis yakni suatu metode yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberikan gambaran suatu objek yang diteliti melalui data atau sampel yang telah dikumpulkan sebagaimana adanya. Dalam hal ini penyusun menggambarkan tentang realita yang ada mengenai konsep keluarga sakinah dari keluarga dengan latar belakang santri di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologis. Kemudian teori yang digunakan yaitu teori struktural fungsional dalam konteks keluarga yang memiliki konsep bahwa keluarga memiliki struktur, adanya pembagian peran, tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, menjalankan fungsi keluarga, mempunyai aturan dan nilai atau norma yang harus diikuti, dan mempunyai tujuan. Hasil penelitian yang dilakukan penyusun bahwa keluarga sakinah menutut keluarga ADM, AB, AN, SH, dan M yaitu keluarga yang tenang dalam arti bahagia berdasarkan tatanan agama. Tidak semua keluarga menerapkan dasar agama untuk mencapai kebahagiaan. Perkawinan dengan niat ibadah kepada Allah maka Allah akan memberi jalan yang menuju kebaikan dunia dan akhirat. Keluarga yang berasal dari perkawinan yang sah artinya sesuai dengan anjuran agama akan bernilai ibadah. Perkawinan yang sah sesuai dengan aturan negara maka akan memberikan status hukum yang sah bagi pasangan yang menikah. Kemudian keluarga yang sakinah yakni keluarga yang selalu berinteraksi saling membutuhkan, menyayangi, memahami, dan mengasihi. Oleh sebab ini maka tercipta kenyamanan dalam keluarga. Setelah itu bahwa keluarga yang sakinah yakni keluarga yang mampu bertanggung jawab menjalankan hak-hak dan kewajiabannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Taufiqurahman, M.H.
Uncontrolled Keywords: sakinah family; perkawinan; santri couple; keluarga.
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Jun 2024 13:42
Last Modified: 26 Jun 2024 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum