REKONSTRUKSI KONSEP SAKINAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) (Desa Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah)

Muhamamd Ikhlas, S.H, NIM.: 21203012032 (2024) REKONSTRUKSI KONSEP SAKINAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) (Desa Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REKONSTRUKSI KONSEP SAKINAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) (Desa Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah))
21203012032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REKONSTRUKSI KONSEP SAKINAH DALAM PERSPEKTIF KELUARGA LONG DISTANCE RELATIONSHIP (LDR) (Desa Jogoyitnan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah))
21203012032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga sakinah merupakan konsep dalam Islam yang menggambarkan sebuah keluarga yang harmonis, damai dan bahagia, keharmonisan keluarga dapat dicapai didasarkan pada nilai-nilai keimanan, kasih sayang, dan pengertian antar anggota keluarga. Namun, dengan semakin tingginya mobilitas global dan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan salah satu atau lebih anggota keluarga untuk tinggal berjauhan. Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang pesat, fenomena keluarga dengan hubungan jarak jauh (Long Distance Relationship) semakin umum terjadi. Dalam konteks keluarga sakinah, tidak hanya tentang komunikasi yang baik antara pasangan. Akan tetapi ada banyak aspek yang dapat mempengaruhi keluarga untuk mencapai sakinah. Pertanyaan utama yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana rekonstruksi konsep sakinah dalam perspektif keluarga Long Distance Relationship (LDR). Rekonstruksi sakinah adalah upaya atau proses untuk membangun kembali, memperbaiki, atau meningkatkan harmonis, kedamaian, dan kebahagiaan dalam keluarga dengan prinsip-prinsip Islam yang mencakup saling pengertian, kasih sayang, kepercayaan, dan dukungan emosional serta spiritual. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang sering disebut field research. Penelitian ini bersifat eksploratif yang mana bertujuan memperdalam persoalan yang terjadi pada keluarga Long Distance Relationship (LDR) kemudian dianalisa menggunakan Maqāṣid al-‘Usrah dari Jamāl ad-Dīn ‘Atiyyah. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian bahwa rekonstruksi konsep sakinah pasangan Long Distance Relationship (LDR) di Desa Jogoyitnan Kab. Wonosobo penggunaan teknologi komunikasi seperti telepon, video call, dan media sosial dapat membantu menjaga hubungan Long Distance Relationship tetap harmonis dengan memperhatikan aspek-aspek penting seperti saling mencintai, saling mendukung, saling menghormati, saling memahami dan meningkatkan komunikasi yang efektif. Konsep sakinah tidak hanya berlaku dalam hubungan keluarga yang berada dalam satu tempat, tetapi juga dapat diterapkan dalam hubungan jarak jauh untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian dalam rumah tangga. Rekonstruksi konsep sakinah keluarga Long Distance Relatonship (LDR) dalam perpspektif Maqāṣid al-Usrah khususnya pada bagian bagian penetapan sakinah, Mawaddah, Warahmah bahwa mu’asyarah bi al-ma’ruf adalah melakukan hal yang menyenangkan pasangan, menjauhkan dari hal yang berbahaya serta segala sesuatu yang tidak disukai pasangan. Dalam hal ini pasangan Long Distance Relationship, video call merupakan altermatif yang terbaik. Dengan video call pasangan bisa melihat ekspresi wajah dan Bahasa tubuh satu sama lain, yang dapat memperkuat koneksi emosional.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Mansur, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: keluarga; sakinah; LDR; finansial keluarga
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Jun 2024 13:38
Last Modified: 27 Jun 2024 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65361

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum