Khabib Alwi,, NIM.: 21104020013 (2025) FA'ALIYYAH ISTIKHDAM KITAB QAWA'ID KITABAH AL KHAT AL NASKHI FI TA'LIM MAHARAH AL KITABAH LI TULAB AL SAF AL AWWAL AL IBTIDA'I MADRASAH AL IMDAD AL DINIYYAH YOGYAKARTA 2024-2025. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (FA'ALIYYAH ISTIKHDAM KITAB QAWA'ID KITABAH AL KHAT AL NASKHI FI TA'LIM MAHARAH AL KITABAH LI TULAB AL SAF AL AWWAL AL IBTIDA'I MADRASAH AL IMDAD AL DINIYYAH YOGYAKARTA 2024-2025)
21104020013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
|
|
Text (FA'ALIYYAH ISTIKHDAM KITAB QAWA'ID KITABAH AL KHAT AL NASKHI FI TA'LIM MAHARAH AL KITABAH LI TULAB AL SAF AL AWWAL AL IBTIDA'I MADRASAH AL IMDAD AL DINIYYAH YOGYAKARTA 2024-2025)
21104020013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan buku kaedah penulisan khat naskhi dalam meningkatkan maharah Al-Kitabah kelas ula madrasah diniyah Al-Imdad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model one group pretest-posttest design. Prosedur pengambilan data yang digunakan adalah tes/soal yang diberikan sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Metode yang digunakan untuk menguji soal, menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan uji lapangan menggunakan uji T, dan dengan teori yang menyatakan bahwa populasi lebih dari 30 tidak perlu menggunakan uji normalitas yang dinamakan teorema limit pusat. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa buku kaedah penulisan khat naskhi terbukti evfektiv dalam meningkatkan kemahiran menulis santri, hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai sig sebesar 0,000, dimana dalam uji T dasar pengambilan keputusan berprdoman bahwa jika nilai signifikansi < 0,05 maka hipotesis diterima, dan apabila nilai signifikansi > 0,05 maka hipotesis ditolak, sehingga dapat menjawab rumusan masalah, penelitian, walaupun terdapat 3 santri yang nilainya konsisten dan belum ada perkembangan. Hal ini juga menjadikan evaluasi bagi peserta didik dan guru tentang pentingnya penggunaan buku atau media, dalam pembelajaran, khususnya pembelajaran menulis bahasa Arab.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information / Supervisor: | Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I |
| Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Penggunaan Buku, Khat Naskhi, Al-Imdad. |
| Subjects: | 400 Bahasa > 490 Bahasa-Bahasa Lain > 492.7 Arabic/Bahasa Arab Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1) |
| Depositing User: | Widiyastuti, M.IP |
| Date Deposited: | 01 Jul 2024 14:37 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 15:07 |
| URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65393 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |
