STRATEGI FUNDRAISING PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO WUKIRSARI BANTUL

Novi Sana Inaba, NIM.: 20107020012 (2024) STRATEGI FUNDRAISING PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO WUKIRSARI BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI FUNDRAISING PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO WUKIRSARI BANTUL)
20107020012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI FUNDRAISING PADA PANTI ASUHAN YATIM PIATU AL-DZIKRO WUKIRSARI BANTUL)
20107020012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya sebuah panti asuhan yang sejahtera dibantu oleh pendanaan yang cukup baik. Kesejahteraan tersebut dibuktikan dengan adanya pengakuan pihak panti yang mengaku tidak pernah mengalami kendala kekurangan dana dan juga anak asuh yang diberdayakan dengan baik. Panti asuhan tersebut terletak di Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Bantul yang bernamakan Panti Asuhan Yatim Piatu Al Dzikro. Dana yang didapatkan panti berasal dari donatur maupun pemerintah. Untuk mendapatkan sebuah dana, diperlukan strategi pengumpulan dana atau yang dikenal sebagai fundraising agar sebuah panti mendapatkan dana melalui berbagai cara. Melalui strategi tersebut panti asuhan ini mampu menjaga keberlangsungan lembaganya secara terus menerus. Hal ini tentu saja menjadi suatu hal yang menarik untuk diteliti, melihat bahwa masih banyak panti asuhan yang ada di Indonesia memiliki permasalahan dalam pengumpulan dan pengelolaan dana untuk terus menunjang kehidupan lembaga dan anggotanya, faktanya Panti Asuhan Yatim Piatu Ad-Dzikro dapat terus berkembang dan hampir tidak pernah merasakan permasalahan terkait pendanaan yang kurang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori konsep strategi fundraising yang dikemukakan oleh Sargaent Hasil penelitian ini didapatkan bahwa Panti Asuhan Yatim Piatu Al Dzikro mempunyai 3 strategi dalam pengimpunan dana. Strategi yang digunakan meliputi strategi pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi, fundraising melalui program kegiatan, dan juga strategi dalam menjaga kepercayaan donatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Yayan Suryana.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Fundraising, Panti Asuhan, Sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial > 362.7 Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 11:24
Last Modified: 03 Jul 2024 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65449

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum