KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PROSES ADAPTASI BUDAYA (Studi Deskriptif-Kualitatif pada Etnis Arab dan Etnis Madura di Kampoeng Arab Kabupaten Pamekasan Madura)

Atiqah Rachayna Laksita, NIM.: 20107030101 (2024) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PROSES ADAPTASI BUDAYA (Studi Deskriptif-Kualitatif pada Etnis Arab dan Etnis Madura di Kampoeng Arab Kabupaten Pamekasan Madura). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PROSES ADAPTASI BUDAYA (Studi Deskriptif-Kualitatif pada Etnis Arab dan Etnis Madura di Kampoeng Arab Kabupaten Pamekasan Madura))
20107030101_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DALAM PROSES ADAPTASI BUDAYA (Studi Deskriptif-Kualitatif pada Etnis Arab dan Etnis Madura di Kampoeng Arab Kabupaten Pamekasan Madura))
20107030101_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki beragam budaya, salah satunyanya terdapat ragamnya etnis di Indonesia. Ragamnya kebudayaan ini juga dapat mempengaruhui bagai proses komunikasi berlangsung, serta adanya perbedaan latar belakang budaya di Masyarakar dapat menyebabkan rsistensi sosial. Salah satu cara untuk meminimalisir resistensi tersebut adalah dengan adanya proses adaptasi budaya. Keberadaan Etnis Arab dan Etnis Madura di Kampoeng Arab Pamekasan Madura merupakan salah satu bentuk keberagaman budaya yang didalamnya terdapat proses dan tahapan adaptasi budaya. Penelitian ini menyelidiki bagaimana proses adaptasi budaya yang dilakukan oleh kedua etnis tersebut, yang mana terdapat empat tahapan adaptasi budaya yakni Tahap Honeymoon, Crisis, Recovery, dan Adjusment. Kemudian, penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan metode penelitian deskriptif berdasarkan dari hasil data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil data dari penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi antar budaya yang dilakukan oleh etnis Arab dan etnis Madura dalam proses adaptasi kedua etnis di Kampoeng Arab tersebut terjadi pada empat tahap yakni Honeymoon, Crisis, Recovery, dan Adjusment.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Marfuah Sri Sanityastuti, M.Si
Uncontrolled Keywords: komunikasi antar budaya; adaptasi budaya
Subjects: Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Widiyastut
Date Deposited: 02 Jul 2024 14:44
Last Modified: 02 Jul 2024 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum