MODAL SOSIAL PETANI MUDA DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA LEAVICEPS DAN LEBAH LOKAL (STUDI PADA KELOMPOK TANI HUTAN SADAR TANI MUDA DESA BOJONG MURNI, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN BOGOR, PROVINSI JAWA BARAT)

Fakhrudin Hanif, NIM.: 20107020023 (2024) MODAL SOSIAL PETANI MUDA DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA LEAVICEPS DAN LEBAH LOKAL (STUDI PADA KELOMPOK TANI HUTAN SADAR TANI MUDA DESA BOJONG MURNI, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN BOGOR, PROVINSI JAWA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MODAL SOSIAL PETANI MUDA DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA LEAVICEPS DAN LEBAH LOKAL (STUDI PADA KELOMPOK TANI HUTAN SADAR TANI MUDA DESA BOJONG MURNI, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN BOGOR, PROVINSI JAWA BARAT))
20107020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (MODAL SOSIAL PETANI MUDA DALAM BUDIDAYA LEBAH MADU TRIGONA LEAVICEPS DAN LEBAH LOKAL (STUDI PADA KELOMPOK TANI HUTAN SADAR TANI MUDA DESA BOJONG MURNI, KECAMATAN CIAWI, KABUPATEN BOGOR, PROVINSI JAWA BARAT))
20107020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting dalam kemajuan pembangunan ekonomi di Indonesia, dengan andil sebesar 12,91 persen dalam leading sector perekenomian di Indonesia, per 2022. Namun, pada dinamikanya, pertanian di Indonesia mengalami kemerosotan akibat beberapa hal, salah satunya aging farmer (penuaan petani), yang ditandai dengan tren dominannya petani kolonial (tua) dibanding petani usia muda. Oleh karenanya, kehadiran generasi petani muda perlu ditingkatkan lagi dalam pembangunan sektor pertanian. Kelompok Tani Hutan (KTH) Sadar Tani Muda menjadi salah satu contoh kehadiran petani muda yang masih peduli terhadap pembangunan pertanian di Indonesia. Melalui beberapa usaha tani, salah satunya budidaya lebah madu jenis Trigona Leaviceps dan Lokal (Apis Cerana), KTH Sadar Tani Muda eksis di bidang pertanian. Melalui analisis Modal Sosial Robert Putnam, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis lebih jauh terkait bagaimana peran Modal Sosial petani muda di KTH Sadar Tani Muda dalam budidaya Lebah Madu Trigona Leaviceps dan Lokal. Dengan metode kualitatif berbasis field resesarch, penelitian ini berupaya menceritakan bentuk modal sosial KTH Sadar Tani Muda dalam budidaya Lebah Madu Trigona Leaviceps dan Lebah Lokal. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi melalui pemotretan gambar dan catatan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui implementasi tiga aspek modal sosial Putnam (trust, network dan norms), modal sosial berperan penting dalam pengembangan kegiatan budidaya lebah madu di KTH Sadar Tani Muda. Pada aspek trust, kepercayaan antar anggota sudah tumbuh sejak pembentukan awal kelompok, dan kepercayaan tersebut terjaga melalui komunikasi yang baik dan loyalitas pada tiap anggota. Selain kepercayaan antar anggota, kepercayaan terhadap pemerintah terkait juga sudah terpupuk melalui koordinasi dan komunikasi dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan bagi kegiatan tani maupun usaha tani mereka. Pada aspek network, adanya kolaborasi dan keterlibatan dengan masyarakat setempat, pemerintah atau dinas terkait, dan lembaga swasta juga dapat menjadi hal yang penting, serta adanya kegiatan kunjungan komunitas lain dan branding sosial sebagai upaya ekspansi jangkauan publik. Terakhir, pada aspek norms, yang diimplementasikan melalui penerapan AD/ART sebagai pedoman aturan keanggotaan dan manajemen usaha tani di KTH Sadar Tani Muda. Selain itu, terdapat juga satu nilai berupa pemahaman atau insting terhadap lebah madu; pemahaman terhadap kebutuhan lahan, ketersediaan nektar dan pollen, keadaan cuaca dan kebutuhan tempat bagi lebah madu sehingga kegiatan budidaya dapat menjadi lebih tepat dan efisien

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Petani Muda, Budidaya Lebah Madu, Modal Sosial, KTH Sadar Tani Muda
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 03 Jul 2024 11:23
Last Modified: 03 Jul 2024 11:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum