ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BOGA TANI MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SRITEX

Diah Nur Fitriana, NIM.: 20107020042 (2024) ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BOGA TANI MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SRITEX. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BOGA TANI MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SRITEX)
20107020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MODAL SOSIAL DALAM PEMBERDAYAAN KELOMPOK BOGA TANI MELALUI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT SRITEX)
20107020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tanggung jawab sosial perusahaan adalah komitmen perseroan untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berlanjut yang ditujukan kepada perseroan sendiri dan masyarakat setempat. PT Sritex menjadi salah satu perusahaan yang menjalankan program tanggung jawab sosial dengan menjalankan program pemberdayaan kepada kelompok Boga Tani sehingga mampu meningkatkan hasil panen sebesar 33% pada tahun 2018. Kemampuan petani dalam melakukan proses pemberdayaan dapat dikaitkan dengan modal sosial yang dimiliki. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan kelompok Boga Tani melalui program CSR PT Sritex dan menjelaskan modal sosial yang dimiliki oleh kelompok Boga Tani sebagai penerima manfaat. Teori modal sosial milik James S. Coleman dijadikan sebagai pisau analisis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun data diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Wawancara dilakukan dengan 10 orang yang terdiri dari 9 anggota kelompok Boga Tani dan 1 staff CSR PT Sritex. Selanjutnya, dokumentasi dilakukan untuk melengkapi data yang telah didapatkan. Metode analisis data yang digunakan, yaitu mengacu pada Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program pemberdayaan CSR PT Sritex dijalankan melalui beberapa tahap, yaitu mapping, koordinasi, sosialisasi, dan pelaksanaan. Kelompok Boga Tani yang menjadi sasaran program pemberdayaan mengalami perubahaan positif dalam penanganan hama tikus, peningkatan hasil panen dan peningkatan keterampilan dalam bertani. Melalui analisis yang telah dilakukan, modal sosial yang dimiliki oleh kelompok Boga Tani, yaitu (1) kepercayaan yang tinggi terhadap sesama petani, tetangga, dan PT Sritex dibuktikan dengan beberapa tindakan yang dilakukan; (2) norma preskriptif yang mendorong anggota kelompok untuk menghindari perpecahan sehingga mampu menjaga stabilitas dalam kelompok; (3) jaringan atau relasi yang luas setelah adanya kerja sama dengan PT Sritex melalui program CSR-nya sehingga mampu memperkuat modal sosial yang dimiliki oleh kelompok Boga Tani

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Kelompok Tani, CSR, Petani, Modal Sosial
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 302.3 Interaksi Sosial dalam Kelompok
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jul 2024 14:50
Last Modified: 02 Jul 2024 14:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65452

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum