PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI RELAWAN SAR DI POSKO KESIAPSIAGAAN GUNUNG MERAPI

M Yoga Prastiyo, NIM.: 20107020062 (2024) PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI RELAWAN SAR DI POSKO KESIAPSIAGAAN GUNUNG MERAPI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI RELAWAN SAR DI POSKO KESIAPSIAGAAN GUNUNG MERAPI)
20107020062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI RELAWAN SAR DI POSKO KESIAPSIAGAAN GUNUNG MERAPI)
20107020062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah terdapat pengaruh antara latar belakang status sosial ekonomi (SES) jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap tingkat partisipasi langsung dan tidak langsung relawan SAR (Search and Rescue) di Posko Kesiapsiagaan Gunung Merapi. Penelitian ini didasari oleh rasa keingintahuan peneliti terhadap dunia kerelawanan yang anggotanya berasal dari berbagai status sosial ekonomi (SES). Dengan kondisi yang ada relawan mampu dengan sukarela memberikan waktu, tenaga, pikiran serta sumber daya dalam upaya mitigasi bencana khususnya di Posko Kesiapsiagaan Gunung Merapi SAR DIY. Penelitian ini menggunakan teori rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai dari Max Weber untuk melihat bagaimana pekerjaan dan SES tingkat pendapatan dapat mempengaruhi partisipasi relawan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam berbagai kegiatan SAR. Adapun metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif korelasional, dengan penggunaan kuesioner dan dokumentasi sebagai teknik utama pengumpulan data. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda disertai dengan Uji F serentak dan Uji T parsial untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menginterpretasikan hubungan antar variabel yang diteliti. Hasil riset menunjukkan bahwa SES Pekerjaan dan pendapatan memiliki pengaruh signifikan terhadap partisipasi langsung namun menunjukkan hasil yang sebaliknya pada partisipasi tidak langsung. Baik partisipasi langsung maupun tidak langsung didominasi oleh relawan dengen pekerjaan di sektor informal dan pendapatan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai memiliki porsinya masing-masing sebagai landasan bertindak bagi relawan SAR. Hasil penelitian ini memberikan wawasan baru tentang faktorfaktor yang memotivasi partisipasi dalam kegiatan kerelawanan bencana. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu organisasi SAR dalam mengembangkan strategi untuk meningkatkan keterlibatan relawan, serta menyediakan rekomendasi bagi pemangku kebijakan untuk mendukung keberlanjutan aktivitas SAR di wilayah rawan bencana khususnya di Gunung Merapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Relawan, SES Pekerjaan, Pendapatan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 301 Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 02 Jul 2024 15:01
Last Modified: 02 Jul 2024 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65454

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum